4 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Jantung, Yuk Lakukan Sejak Muda

okezone
okezone - Tue, 13 Apr 2021 03:01
Viewed: 115
4 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Jantung, Yuk Lakukan Sejak Muda

JANTUNG merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dijaga kesehatannya. Tapi ternyata ada banyak orang mengalami sakit jantung. Maka itu, terus digaungkan pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak usia muda.

Ternyata ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Apa saja cara itu? Simak selengkapnya, seperti dirangkum dari laman Boldsky, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Mengenal Minyak Argan, Sangat Bermanfaat untuk Kulit hingga Jantung

1. Tetap terhidrasi

Sebuah penelitian mengungkap hipohidrasi atau kehilangan air dari tubuh tidak hanya mengganggu kinerja fisik dan mental, tetapi juga kesehatan jantung. Hipohidrasi akut akibat tekanan panas atau olahraga berkepanjangan mengganggu pengaturan tekanan darah, mengurangi fungsi sel jantung dan merusak fungsi vaskular, menyebabkan sejumlah kondisi jantung. Maka itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi.

2. Hindari olahraga berat

Menurut sebuah penelitian, olahraga berat dalam cuaca panas dapat menyebabkan masalah yang parah pada jantung. Hal ini terutama disebabkan meningkatnya kebutuhan oksigen untuk melatih otot dan organ vital lainnya.

Ketika seseorang melakukan olahraga berat di musim panas, panas yang berlebihan meningkatkan kebutuhan aliran darah di otot-otot yang aktif, dan demikian juga dengan kebutuhan oksigen. Permintaan ganda ini dapat menyebabkan jantung memompa darah dengan lebih kuat, menyebabkan kontraksi otot jantung yang berlebihan, dan tekanan darah tinggi.

3. Hindari kafein

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dan kopi dalam jumlah sedang terkait dengan peningkatan risiko aritmia. Ini adalah kondisi yang ditandai detak jantung tidak teratur, terlalu cepat atau terlalu lambat. Kopi atau minuman berkafein dapat memiliki efek toksik pada detak jantung serta dapat memperburuk kondisi. Selain itu, kopi adalah diuretik alami yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung

4. Hindari junk food

Para ahli menyarankan bahwa orang dengan gangguan jantung harus menghindari makan berat atau makan junk food di musim panas untuk mencegah komplikasi terkait jantung. Ini karena makan itu sendiri memiliki efek termogenik pada tubuh. Jika kita makan makanan berat, lebih banyak panas akan dihasilkan dalam tubuh, dan bersama dengan panas lingkungan, efeknya bisa sangat berbahaya.