Alasan Vaksin Covid-19 Harus Disuntik Sebanyak Dua Kali

okezone
okezone - Tue, 16 Mar 2021 12:33
Viewed: 145
Alasan Vaksin Covid-19 Harus Disuntik Sebanyak Dua Kali

Proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berjalan sejak 13 Januari 2021. Vaksinasi ini dilakukan secara bertahap dengan kelompok-kelompok rentan sebagai prioritasnya.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat diimbau untuk tidak kaget sebab vaksin Covid-19 harus disuntikkan sebanyak dua kali. Tujuannya adalah melindungi masyarakat agar terhindari dari penyakit selama masa pandemi.

Tentunya saat ini banyak pertanyaan yang menyatakan, mengapa suntikan vaksin Covid-19 wajib diberikan sebanyak dua kali pada satu individu?

Merangkum dari Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Selasa (16/3/2021), suntikan dosis pertama yang diberikan kepada masyarakat, tujuannya adalah untuk memicu produksi antibodi.

Selain itu suntikan tahap pertama ini juga berfungsi untuk mengidentifikasi patogen yang dimasukkan serta membunuhnya. Lain halnya dengan suntikan dosis kedua, tujuannya adalah meningkatkan antibodi yang lebih berkualitas dan memperpanjang memori agar tubuh memiliki kekebalan dalam waktu yang lama.

Apabila tubuh terpapar, maka tubuh dapat memberikan respon pembelah Sel B yang cepat untuk segera menanggulangi virus Covid-19.

Selain itu masyarakat yang telah menerima vaksin Covid-19 pun tetap diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan 3M yakni, menggunakan masker, menghindari keramaian serta menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya untuk mencegah potensi terjadinya infeksi Covid-19.