0
Thumbs Up
Thumbs Down

Vaksin Zifivax Diberikan dalam 3 Dosis, Apa Alasannya?

okezone
okezone - Thu, 07 Oct 2021 14:24
Viewed: 114
Vaksin Zifivax Diberikan dalam 3 Dosis, Apa Alasannya?

RUPANYA vaksin Zifivax yang baru saja mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memiliki karakter tersendiri, dibanding vaksin jenis lainnya. Bukan hanya soal bagaimana vaksin ini dibuat, tetapi juga terkait dengan pemberian dosisnya.

Vaksin yang dibuat dengan teknologi rekombinan subunit tersebut ternyata bakal diberikan ke masyarakat berusia 18-59 tahun itu dengan 3 dosis. Ya, ini vaksin Covid-19 pertama di Indonesia yang pakai 3 dosis.

"Vaksin Zifivax akan diberikan dengan 3 dosis, interval waktu pemberian adalah 1 bulan per dosisnya. Terkait dengan dosis penyuntikkan, diberikan 0,5 mL," terang Kepala BPOM Penny K. Lukito, di konferensi pers virtual, Kamis (7/10/2021).

Sedikit soal KIPI yang dilaporkan usai pemberian vaksin, diterangkan Penny, efek samping yang muncul sangat umum dengan derajat KIPI ringan hingga sedang. "Yang paling banyak dilaporkan adalah nyeri di tempat suntikan dan sakit kepala, tapi ini sangat wajar terjadi," paparnya.

Di sisi lain, Direktur Utama Jbio Mahendra Suhardono coba menerangkan alasan di balik 3 dosis pada pemberian vaksin Zifivax. Menurutnya, ini berkaitan dengan memaksimalkan efek positif yang dimiliki vaksin tersebut.

"Berdasar hasil uji klinis sebelum-sebelumnya, pemberian tiga dosis memberikan hasil yang sangat baik. Kami pernah memberikan dua dosis pada uji klinis fase 2, hasilnya sudah cukup baik memang tapi kami butuh yang sempurna. Itu kenapa vaksin diberikan tiga dosis," paparnya.

Soal efektivitas, vaksin Zifivax ini sendiri memiliki kekuatan yang cukup baik melawan Covid-19 yaitu 81,71% dihitung mulai 7 hari setelah vaksinasi lengkap dan 81,4% mulai 14 hari setelah mendapat vaksinasi lengkap.

"Belajar dari vaksin lain, kami ingin juga memberikan manfaat perlindungan yang bersifat jangka panjang. Seperti halnya vaksin DPT, Hepatitis, maupun Polio, semuanya butuh 3 dosis," tambah Mahendra.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip