0
Thumbs Up
Thumbs Down

Vaksin Covid-19 Disebut Mengandung Microchip, Ini Faktanya

okezone
okezone - Fri, 28 May 2021 15:59
Viewed: 105
Vaksin Covid-19 Disebut Mengandung Microchip, Ini Faktanya

Memang belum lama ini beredar postingan di media sosial yang mengklaim bahwa vaksin Covid-19 memiliki microchip magnetik. Dalam unggahan tersebut tampak seorang wanita yang memiliki reaksi magnet usai menerima vaksin Covid-19. Sebagai bukti bahwa vaksin Covid-19 mengandung microchip, ia meletakkan magnet di lengannya.

Terbukti kepingan magnet tersebut langsung menempel pada lengannya. Ternyata klaim vaksin Covid-19 mengandung microchip rupanya sudah banyak beredar di dunia maya, lantas apakah klaim tersebut benar?

Merangkum dari laman resmi Covid19, Jumat (28/5/2021), dari hasil investigasi dari sejumlah sumber kredibel seperti Lead Stories, USA Today, AFP United States, dan Factcheck, semuanya membantah klaim vaksin Covid-19 mengandung mikrochip. Hasil penelusuran tersebut berdasarkan klarifikasi dari institusi resmi di bidang kesehatan.

1. Hanya Teori Konspirasi

Merangkum dari AFP, sejumlah ahli medis menilai bahwa kabar yang beredar tersebut tak lebih dari teori konspirasi semata. Alhasil kabar tersebut masuk dalam kategori disinformasi tentang virus Covid-19.

"Tidak, medapatkan vaksin Covid-19 tidak dapat menyebabkan lengan Anda menjadi magnet. Ini tipuan, jelas dan sederhana," jelas Spesialis Penyakit Menular di University of Chicago Medicine, dr. Stephen Schrantz.

Menurut USA Today, klaim adanya microchip dalam vaksin Covid-19 diduga berasal dari teori konspirasi salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, berada di balik skema global yang secara diam-diam menanamkan microchip dan melacak miliaran orang.

2. Fakta Kandungan Vaksin Covid-19

Peneliti Vaksin sekaligus Profesor Biologi Sel dan Perkembangan di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern, dr. Thomas Hope menjelaskan, vaksin Covid-19 pada dasarnya terdiri dari protein dan lipid, garam, air, dan bahan kimia yang menjaga PH. Semua bahan tersebut tidak dapat berinteraksi dengan magnet.

Menurut pernyataan yang diberikan oleh otoritas kesehatan di Amerika Serikat dan Kanada dijelaskan bahwa tidak ada jenis vaksin Covid-19 yang memiliki bahan berbasis logam.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip