0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tubuh dan Rumah Bersih, Ancaman Varian Baru Covid-19 Teratasi!

okezone
okezone - Tue, 31 Aug 2021 13:30
Viewed: 124
Tubuh dan Rumah Bersih, Ancaman Varian Baru Covid-19 Teratasi!

VARIAN baru Covid-19 seperti Delta, Alpha, Beta, Lambda, Delta Plus, maupun C.1.2. asal Afrika Selatan yang tengah jadi sorotan memberi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Kemunculan varian-varian ini seperti mengisyaratkan bahwa pandemi Covid-19 belum bisa hilang dalam waktu dekat.

Tapi, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M. Faqih meminta kepada masyarakat untuk tidak panik. Sebab, ancaman varian baru sejatinya bisa dikendalikan dengan menjamin kebersihan tubuh terjaga setiap harinya.

"Memastikan tubuh bersih dengan cuci tangan dan mandi, merupakan bagian dari perilaku menjaga kesehatan tubuh. Kalau tubuh bersih, kuman maupun varian virus yang terus bermunculan, enggak gampang masuk ke dalam tubuh," papar Daeng di webinar 'Keluarga Sehat Indonesia Kuat', Selasa (31/8/2021).

Menjaga kebersihan tubuh juga proteksi ganda jika Anda sudah divaksinasi Covid-19. Ya, Daeng menegaskan bahwa seluruh pakar kesehatan di dunia tidak ada yang bisa menciptakan obat atau vaksin dengan 100% sempurna. "Namanya juga ciptaan manusia," celetuknya.

"Nah, dengan melakukan proteksi ganda yaitu menjaga kebersihan tubuh, Anda dapat lebih yakin bahwa serangan varian virus atau kuman penyebab penyakit lainnya bisa diminimalisir masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit," terang Daeng.

Baca Juga : Ketua IDI: Prokes Harga Mati, Ditinggal Orang Bisa Mati!

Selain menjamin kebersihan tubuh, Anda juga harus memastikan lingkungan rumah bersih dengan rutin mendesinfeksi rumah. Jangan lupa juga, saran Daeng, untuk memastikan udara di rumah bersih karena penyebaran SARS-CoV2 melalui aerosol sudah terbukti.

"Dengan menjamin rumah bersih, termasuk udara yang ada di dalam rumah, virus yang bertebaran di udara yang ternyata hidup 3 jam lamanya, bisa dimusnahkan. Ini menjamin proteksi diri lebih maksimal lagi dari risiko paparan Covid-19," tambah Daeng.

"Jika ini dilakukan bersama-sama, maka Anda enggak usah panik lagi dengan munculnya varian-varian baru. Dengan menjaga kebersihan tubuh dan rumah, maka keluarga bisa lebih sehat," ungkapnya.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip