0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tata Cara Donor Darah, Yuk Simak Apa Saja yang Harus Dilakukan

okezone
okezone - Sun, 08 Dec 2019 14:19
Viewed: 197
Tata Cara Donor Darah, Yuk Simak Apa Saja yang Harus Dilakukan

Donor darah memiliki segudang manfaat. Maka dari itu, tidak heran jika kita sering mendengar pentingnya donor darah. Namun, kita tetap bisa memilih, apakah ingin melakukannya atau tidak karena donor darah bersifat sukarela.

Meski donor darah bersifat sukarela, tapi manfaatnya luar biasa, sehingga harus dibudayakan. Manfaat ini terutama bagi tim medis dalam menangani situasi darurat dan tentu saja pasien yang membutuhkan tranfusi darah.

Namun, sebelum mencoba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendonor, terutama jika ini merupakan kali pertama melakukan donor darah. Dilansir dari Boldsky, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan sebelum, saat dan sesudah melakukan donor darah.

1. Sebelum melakukan donor darah

Hal utama yang harus diperhatikan adalah siapa saja yang bisa melakukan donor darah? Apakah ada batasan usia bagi yang ingin melakukan donor darah? Apakah ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan donor darah?

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum melakukan donor darah: Pertama, jika ingin mendonorkan darah, maka Anda harus dalam keadaan sehat. Meskipun hanya terserang flu ringan, batuk, atau sakit tenggorokan, Anda tetap tidak bisa melakukan donor darah.

Kedua, batasan usia untuk melakukan donor darah adalah 17 - 60 tahun. Ketiga, memiliki berat badan minimal 45 kilogram. Jadi, Anda tidak bisa mendonorkan darah jika memiliki berat badan di bawah angka tersebut.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip