0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sering Dianaktirikan, Ini Manfaat dan Alasan Banyak Orang Gemar Mendengarkan Musik Metal

okezone
okezone - Fri, 07 Dec 2018 10:12
Viewed: 44
Sering Dianaktirikan, Ini Manfaat dan Alasan Banyak Orang Gemar Mendengarkan Musik Metal

MUSIK seringkali disebut sebagai bahasa universal. Selama ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa alasan dibalik istilah tersebut? Hal tersebut ternyata tidak selalu berkaitan dengan lirik lagu yang terkadang tidak sama dengan bahasa ibu pendengarnya. Namun lebih kepada makna yang tersirat pada lagu-lagu itu sendiri, terlepas dari genre musik yang didengarkan.

Baca juga: Ikon 'I amsterdam' di Depan Ritjksmuseum Belanda Dicopot Setelah 14 Tahun Terpasang, Kenapa?

Itulah sebabnya setiap orang memiliki genre favorit yang mungkin saja tidak dapat diterima di telinga penikmat musik lainnya. Sebut saja musik metal yang kerap 'di-anaktirikan' oleh masyarakat awam karena nuansanya yang cenderung kelam, berisik, dan terkadang sulit untuk dimengerti. Asumsi ini memang tidak salah, namun juga tidak bisa dibenarkan.

Seperti sebuah kata-kata bijak, "genre musik itu bisa diibaratkan makanan. Jika seseorang tidak menyukai makanan pedas, maka akan sangat sulit untuk memaksa mereka untuk menyantapnya,". Hal yang sama juga berlaku pada genre musik. Musik adalah makanan untuk jiwa dan pikiran manusia.

Berbicara soal musik metal, sebetulnya ada beberapa alasan yang membuat banyak orang menggemari genre musik ini. Namun ada baiknya Anda mengetahui sejarah singkat tentang perkembangan dan evolusi musik metal dari tahun ke tahun.

Perkembangan musik metal

Baca juga: Mengenal Kesalahpahaman Sakit Jantung yang Renggut Nyawa Benyamin Sueb dan Basuki

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, Jumat (7/12/2018), genre musik heavy metal pertama kali digagas oleh band hard rock tahun 1960-an, Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul Born To Be Wild. Istilah tersebut belum dipakai secara tepat hingga pada tahun 1970, Black Sabbath merilis debut album mereka yang berjudul "Black Sabbath". Permainan musik mereka dikendalikan oleh riff yang lebih bersifat blues dan sering disebut dengan istilah classic metal.

Tak selang berapa lama kemudian, Judas Priest pun turut mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Hingga pada akhir 70-an, muncullah genre musik New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM) yang dipelopori oleh Motorhead. NWOBHM menggabungkan aliran Punk dan Heavy Metal.

Perkembangan heavy metal pun semakin meningkat pesat. Di era 80-an, band-band NWOBHM seperti Motorhead, Iron Maiden, Venom, dan Diamon Head mulai meramaikan industri musik internasional hingga akhirnya heavy metal bercampur dengan musik Pop dan memunculkan genre glam metal. Genre inilah yang membuat skena metal berhasil menerobos daftar musik papan atas dan menyebar lebih cepat di seluruh dunia.

Beberapa tahun berselang, band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer, dan Anthrax mulai menggebrak industri musik metal. Ciri khas band yang sering dijuluki Big Four of Thrash ini adalah tempo lagu yang sangat cepat dengan nuansa rhtym khas Downstroke. Merekalah yang kemudian membuka kran bagi industri underground metal untuk melebarkan sayapnya di kancah internasional.

Pada tahun 1990'an, dunia musik underground mulai memasuki tahap extreme metal sepertii kemunculan band-band bergenre grindcore yang dipelopori Napalm Death dan Brutal Truth. Jenis musik ini memicu munculnya sejumlah genre baru seperti death metal, black metal, power metal, gothic metal, alternative metal, dan grunge.

Sementara metal di era 2000-an memiliki perbedaan yang cukup besar, dalam artian bahwa genre ini mulai bercampur dengan berbagai macam aliran. Kini para penikmat musik metal disuguhi berbagai jenis lagu dengan tempo harmonis dan dinamis. Beberapa alirannya seperti nu metal, symphonic metal, deathcore, metalcore, melodic death metal, folk metal, dan masih banyak lagi.

Manfaat dan alasan banyak orang mendengarkan musik metal

Seperti yang pernah dikatakan Metallica "let it be written". Artinya, bukan mahasiswa yang mendengarkan Radiohead saja yang bisa mendapatkan predikat mahasiswa terpintar di kampusnya. Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini mengungkapkan bahwa sebagian besar orang yang terdaftar dalam National Academy for Gifted and Talented Youth mengaku mendengarkan musik metal setiap hari. Dengan kata lain, genre musik ini secara tidak langsung memainkan peran penting dalam mengembangkan kecerdasan intelektual (IQ) manusia.

Penelitian lain menyebutkan, musik keras ternyata membantu seseorang menghilangkan emosi negatif seperti kemarahan dan depresi. Musik metal juga dinilai ampuh membantu para remaja yang menjadi korban perundungan di sekolah, untuk bangkit dan menemukan teman baru. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Community Psychology, Januari 2018.

Dalam sebuah jajak pendapat yang diunggah pada situs Quora, seorang mahasiwwa dari President University, Alvin Chaniago, sempat mengungkapkan alasannya menyukai musik metal.

"Bagi saya musik metal adalah kebebasan. Musik memberi saya kesempatan untuk melupakan semua omong kosong yang harus saya hadapi dalam kehidupan. Yang terpenting, musik ini memungkinkan saya mengendalikan amarah. Terdengar aneh bukan? Saya sering berpikir bahwa musik metal sering dianggap sebagai penyebab masalah, tapi sebenarnya musik ini merupakan hiburan terbaik bagi banyak orang," tulis Alvin.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang pria bernama Kenneth Rathburn. Menurutnya, musik metal tidak hanya menyuguhkan sensasi yang unik, para musisi dibelakangnya pun memainkan sejumlah peran penting.

"Musik ini tidak hanya memenuhi hasrat penikmatnya saja. Ada banyak makna yang tersirat yang tidak bisa kita temui di genre musik lainnya. Ingin mendengar dongeng dan berfantasi? Anda bisa mendengarkan power, folk, symphonic, progressive, atau bahkan doom metal. Musik metal juga berisikan lirik-lirik yang terinspirasi dari keadaan politik dan peristiwa dalam kehidupan nyata. Intinya, musik metal berhasil merangkul seluruh elemen penting termasuk budaya, yang gagal dicapai oleh genre lain," jelas Kenneth.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip