0
Thumbs Up
Thumbs Down

Selain Rasanya yang Lebih Kuat, Ini Beda Kopi Robusta dibandingkan Arabika

okezone
okezone - Thu, 02 Jul 2020 21:21
Viewed: 46
Selain Rasanya yang Lebih Kuat, Ini Beda Kopi Robusta dibandingkan Arabika

INDONESIA memang memiliki banyak varian kopi yang sudah tersohor. Meskipun banyak varian kopi, tapi sebenarnya hanya ada dua jenis kopi yang diproduksi dan dijual secara luas.

Keduanya adalah kopi Arabika dan kopi Canephora atau yang lebih familiar disebut dengan nama kopi Robusta. Lantas, apa sih sebenarnya perbedaan dari kopi Robusta dan kopi Arabika ini? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir Theroasterpack.

Rasa

Tidak seperti rasa dari kopi arabika, cita rasa dari kopi robusta disebutkan kerap kali memiliki rasa yang dijelaskan seperti rasa dari karet yang terbakar.

Tingkat kafein

Salah satu yang mempengaruhi cita rasa kopi, ialah tingkat kafein yang terkandung di dalamnya. Inilah yang membuat mengapa rasa kopi robusta hadir dengan cita rasa yang lebih pahit, karena kopi robusta hadir dengan kandungan kafein yang lebih tinggi daripada kopi arabika.

Diketahui untuk tingkat kandungan kafein, kopi robusta memiliki konten kafein hingga 2,7 persen di mana ini artinya hampir dua kali daripada kopi arabika yang hanya mempunyai konten kafein sebesar 1,5 persen.

Kandungan lemak dan gula

Untuk kandungan lipid atau lemak, disebutkan lebih lanjut bahwasanya koi arabika hadir dengan kandungan lipid 60 persen lebih dan hampir mencapai dua kali konsentrasi gula daripada yang terdapat pada kopi robusta. Kurang lebih faktor ini jugalah yang mungkin membuat, banyak orang lebih menyenangi rasa dari kopi arabika.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip