0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pita Suara Aska Rocket Rockers Rusak Akibat Sering Minum Kopi, Ini Penjelasan Dokter!

okezone
okezone - Mon, 22 Jul 2019 19:31
Viewed: 82
Pita Suara Aska Rocket Rockers Rusak Akibat Sering Minum Kopi, Ini Penjelasan Dokter!

Aska Rocket Rockers mengalami masalah dengan pita suaranya. Hal itu terjadi akibat seringnya dia minum kopi setiap hari. Karena kondisi tersebut, Aska harus puasa bicara.

Menurut penjelasannya pada awak media belum lama ini, kebiasaan minum kopi lebih dari satu gelas per hari sudah dia jalani sejak Aska membuka kedai kopi sendiri. Usaha tersebut yang kemudian membuat dia jadi rutin minum kopi. Tapi, karena itu dia mesti menanggung risikonya.

"Sering banget (minum kopi) sampai pita suara saya rusak. Ada hubungan ternyata, kalau ngopi asam lambung bisa naik dan rusakin pita suara. Baru puasa ngomong seminggu sambil berobat. Kemarin baru boleh ngomong," ungkap Aska belum lama ini.

Karena kondisi tersebut, Aska mengaku kini dirinya belajar banyak dari pengalaman. Jadi, nggak cuma bicara soal cita rasa dari kopi itu, tetapi harus tahu manfaat dan sebagainya. Selain itu, bahannya apa, atau baiknya diminum kapan.

Dari pengalaman Aska ini, Okezone coba mengonfirmasi pada Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menurutnya benar kopi bisa menyebabkan kondisi yang dialami vokalis Rocket Rockers itu.

Namun, yang perlu digarisbawahi di sini, minum kopi tidak kemudian menjadi penyebab satu-satunya seseorang mengalami masalah dengan pita suara.

"Seseorang bisa mengalami masalah pita suara, alasannya multi faktor dan kopi jadi faktor yang bisa memperburuk keadaan pasien tersebut," terang dr Ari pada Okezone, Senin (22/7/2019).

Lantas, kenapa kopi bisa menjadi faktor yang mampu memperburuk kondisi kerusakan pita suara?

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip