0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nikah di Masa Pandemi Covid-19, Sebaiknya Segera Punya Momongan atau Menunda?

okezone
okezone - Fri, 10 Jul 2020 21:05
Viewed: 66
Nikah di Masa Pandemi Covid-19, Sebaiknya Segera Punya Momongan atau Menunda?

UMUMNYA, pasangan pengantin baru ingin segera punya momongan. Namun, bagi pasangan yang menikah di masa pandemi Covid-19 ini, disarankan sebaiknya menunda untuk memiliki momongan.

Mengapa demikian? Hal ini demi keselamatan ibu dan sang janin, demikian penjelasan Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K) di Jakarta, Jumat (10/07/2020) kepada Okezone.

"BKKBN tidak melarang orang untuk hamil, orang menikah juga tidak dilarang. Kita memberi saran dan masukan memang kalau bisa ditunda dulu. Jika memang tidak terlalu tergesa-gesa atau tidak urgent sekali untuk segera punya anak. Alangkah lebih baik jika keinginan untuk hamil ditunda dulu selama 3 hingga 6 bulan ke depan," jelas Hasto Wardoyo.

Saran menunda kehamilan tersebut, lebih lanjut kata Hasto terutama bagi pengantin wanita berusia 21 tahun ke atas tapi belum menginjak usia 34.

"Kalau usia baru 21, menunda kehamilan selama 3 hingga 6 bulan kan enggak apa-apa, nggak mepet banget dengan usia aman untuk hamil. Tapi kalau usia sudah 34 tahun, ya jangan ditunda. Bila sudah masuk usia 34, maka sudah cukup matang. Itulah nasihat kami," ungkapnya.

Saran tersebut kata dr Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) memang bukan tanpa alasan, mengingat Ibu hamil lebih berisiko terinfeksi virus corona karena daya tahan tubuh cenderung lebih lemah.

Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan tetap perlu dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan ibu hamil dan janin. Melalui pemeriksaan rutin, dokter dapat mengetahui bila ada gangguan atau kelainan dan bisa segera dilakukan pengobatan. Namun, di masa pandemi, rumah sakit jadi salah satu tempat berisiko tinggi sebagai lokasi penyebaran Covid-19.

Meski demikian, bagi yang saat ini sudah terlanjur hamil tentu saja tidak perlu takut berlebihan dan harus pandai menjaga kesehatan di tengah terbatasnya akses layanan kesehatan.

"Hamil muda memang harus lebih ekstra dan lebih hati-hati karena daya tahan tubuh seorang ibu cenderung turun, sementara Covid-19 itu kan mudah mengenai mereka yang memiliki imunitas rendah," jelasnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip