0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nasib Perokok Pasif, Bisa Kena Kanker Paru dan Juga Usus Besar

okezone
okezone - Thu, 13 Jun 2019 10:16
Viewed: 216
Nasib Perokok Pasif, Bisa Kena Kanker Paru dan Juga Usus Besar

NASIB perokok pasif selama ini selalu dikaitkan dengan masalah paru-paru. Hal ini karena mereka menghirup asap rokok di sekitarnya dan ini berdampak cukup buruk. Kerusakan fungsi paru-paru hingga masalah pernapasan lainnya.

Tapi, ternyata bukan hanya itu masalah si perokok pasif. Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, perokok pasif juga ternyata cukup berisiko mengalami kanker usus besar. Rokok dianggap sebagai faktor risiko utama dalam masalah ini, selain tingginya konsumsi daging merah.

"Beberapa kasus kanker usus yang saya temukan bukan pada perokok aktif, tapi orang terdekat dan sekitarnya sehingga mereka yang terkena kanker usus besar tersebut merupakan perokok pasif," terangnya pada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (13/6/2019).

Dokter Ari pun menyayangkan peraturan merokok di negara ini masih lemah dan ini yang membuat perokok dapat dengan mudah merokok di banyak ruang umum. Padahal, kalau bicara negara maju, masalah ini dapat diatasi dengan pembatasan area rokok yang diterapkan cukup ketat.

Selain perokok, masalah kanker usus besar juga banyak dikaitkan dengan konsumsi daging merah yang tinggi namun tidak diimbangi dengan olahraga yang tepat dan teratur. Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga dianggap minim dan ini secara konsisten menjadi faktor masalah si negara ini dalam banyak penelitian.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip