0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mengenal Meniere, Penyakit yang Diidap Penyanyi Jessie J

okezone
okezone - Mon, 28 Dec 2020 14:19
Viewed: 88
Mengenal Meniere, Penyakit yang Diidap Penyanyi Jessie J

Malam perayaan Natal lalu dihabiskan penyanyi terkenal Jessie J di suatu rumah sakit di Los Angeles, setelah mengalami sakit di bagian dalam telinganya yang membuatnya hampir tak bisa mendengar.

Seperti dilapor The Sun, pelantun hits The Price Tag dan Bang Bang tersebut mengungkapkan dirinya didiagnosa mengidap penyakit yang dinamakan Meniere's Syndrome.

"Aku terbangun dan merasa telinga kananku benar-benar tak bisa mendengar, dan aku tak bisa berjalan lurus. Aku diberi tahu mengidap Meniere's syndrome. Aku tahu banyak orang yang mengalami ini juga," kata Jessie.

Apa sebenarnya yang disebut dengan penyakit Meniere tersebut? Mengutip Healthline, Senin (28/12/2020) yang sudah ditinjau ulang oleh Dr. Han Seunggu, Ahli Bedah Saraf, Fellow dan Instruktur Klinis di Departemen Bedah Saraf UCSF, penyakit Meniere adalah kelainan yang mempengaruhi telinga bagian dalam.

Telinga bagian dalam bertindak untuk bertanggung jawab dalam hal pendengaran dan keseimbangan dan biasanya penyakit ini hanya menyerang satu telinga. Meskipun tergolong sebagai penyakit kronis, tapi pasien bisa dibantu diringankan gejalanya dengan perawatan dan perubahan gaya hidup.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit Meniere ini diketahui cenderung muncul sebagai "serangan". Gejala-gejala tersebut meliputi vertigo (bisa beberapa menit sampai 24 jam), kehilangan pendengaran di telinga yang terkena, tinnitus, atau sensasi dering di telinga yang terkena, kepenuhan aural (rasa bahwa telinga penuh atau tersumbat), kehilangan keseimbangan, sakit kepala, mual, muntah, dan berkeringat akibat vertigo yang parah.

Orang yang mengidap penyakit ini, dikatakan akan mengalami setidaknya dua hingga tiga gejala seperti, vertigo, gangguan pendengaran, tinnitus dan kepenuhan aural.

Sayangnya, sejauh ini penyebab pasti Meniere tidak diketahui. Namun para ilmuwan menyakini, penyakit tersebut disebabkan oleh adanya perubahan cairan di dalam saluran telinga bagian dalam. Ada juga penyebab lainnya, yakni penyakit autoimun, alergi, dan faktor genetika.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip