0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mengenal Keyhole Surgery untuk Pasien Kanker Usus Besar, Operasi dengan Sayatan Lebih Minim

okezone
okezone - Fri, 07 Dec 2018 09:45
Viewed: 40

BICARA mengenai kanker, hal yang mendapat perhatian khusus adalah cara mengenali dan bagaimana penanganannya. Dari banyak jenis kanker yang ada, kanker usus besar menjadi persoalan yang tak bisa dikesampingkan. Mungkin kurang "gaung" namanya, tapi kanker jenis ini menduduki peringkat tiga terbanyak penderitanya di seluruh dunia.

Berdasar data Globocan (IARC) pada 2012, penderita kanker usus besar terus mengalami peningkatan seiring dengan perubahan lingkungan dan gaya hidup. Di Indonesia sendiri, kasus ini menyerang 12,8 per 100.000 usia dewasa dengan tingkat kematian 9,5% dari seluruh kasus kanker.

Salah satu faktor penyebab dari masalah ini adalah gaya hidup kebaratan. Ya, mereka yang doyan mengonsumsi daging merah memiliki kemungkinan tinggi mengalami masalah ini.

"Selain itu, mereka yang merokok dan minum alkohol aktif juga memiliki kemungkinan tinggi alami masalah ini," terang Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif dr Eko Priatno, SpB-KBD, saat ditemui Okezone di Bethsaida Hospital Gading Serpong, Tangerang, Kamis 6 Desember 2018.

dr Eko melanjutkan, kebanyakan orang baru mengetahui gejala saat diagnosis dilakukan. Hal ini yang kemudian membuat kebanyakan pasien baru mendapatkan diagnosis setelah mencapai stadium lanjut.

Diagnosa yang cepat dan penatalaksanaan yang tepat sangat dibutuhkan. Terlebih, dengan deteksi klinis pada pola buang air besar, pemeriksaan kolonoskopi untuk melihat massa pada mukosa kolon perlu dilakukan.

Kemudian, dilakukan juga biopsi untuk memastikan apakah itu benar kanker atau bukan. Bila hasil biopsi positif kanker, maka dilanjutkan dengan CT-Scan abdomen dan thorax untuk menentukam staging atau seberapa jauh kanker yang ada di tubuh pasien.

Nah, sebagai tindakan lanjutan, dr Eko menjelaskan bahwa ada tatalaksana yang bisa jadi rekomendasi para pasien kanker usus besar, yakni Keyhole Surgery. Treatment ini adalah terobosan inovatif untuk penanganan kanker usus besar secara minimal invasive.

"Keuntungan dari teknik Keyhole Surgery adalah secara kosmetik lebih baik yaitu dengan sayatan minimal, proses pemulihan yang terbilang cepat dari pada teknik konvensional, dan minim rasa nyeri saat operasi, dan juga waktu rawat yang terbilang singkat," papar dr Eko.

Bicara mengenai sayatan yang dilakukan saat operasi, untuk Keyhole Surgery ini, hanya membutuhkan "lubang" 5 sampai 10 mili meter. Jadi, dipastikan bekas operasi tidak begitu terlihat. Namun, bagi mereka yang bertubuh gemuk, tentunya ada ukuran yang mesti dipertimbangkan. Meski pun banyak memiliki keuntungan, teknik ini juga kurang pas untuk beberapa kondisi pasien kanker usus besar.

"Pada kondisi usus sudah terlalu penuh, teknik tidak bisa dilakukan dengan alasan dikhawatirkan adanya cidera saat operasi mau pun pasca, kemudian tidak ada ruang bebas untuk melakukan tindakan," papar dr Eko.

Selanjutkan, kondisi seperti tumor yang sudah menempel di organ lain, misalnya menempel di rahim, teknik Keyhole Surgery tidak disarankan. Salah satu alasannya adalah teknik ini mengandalkan kamera dan monitor jadi, perlu kejelian yang sangat detail dan ini dikhawatirkan tidak bisa tercapai dengan teknik Keyhole Surgery.

Hal yang tidak kalah penting, Keyhole Surgery ini memakan waktu yang jauh lebih panjang saat dilakukan. Untuk treatment konvensional, dr Eko menjelaskan, waktu yang diperlukan antara 2 sampai 3 jam. Sementara itu, pada teknik ini, tindakan dilakukan selama 4 hingga 5 jam.

Lebih lanjut lagi, apa yang mesti dilakukan pasien setelah operasi? dr Eko menjelaskan, pasien yang baru saja melakukan pengangkatan kanker usus besar, mereka harus rutin melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Hal ini untuk mendeteksi secara dini kemungkinan lain pasca operasi. Pemeriksaan ini juga diharapkan tidak adanya kekambuhan kanker pada pasien sehingga bisa diobati sedini mungkin," tambahnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip