0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mengenal Infeksi pada Jantung, Endokarditis

okezone
okezone - Thu, 21 Oct 2021 16:09
Viewed: 121
Mengenal Infeksi pada Jantung, Endokarditis

SELAMA ini orang kebanyakan hanya mengenal penyakit jantung saja. Padahal masih banyak penyakit terkait jantung lainnya.

Infeksi pada jantung yang disebut endokarditis adalah infeksi pada endokardium, yaitu lapisan bagian dalam jantung. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh masuknya bakteri ke aliran darah, yang kemudian menginfeksi bagian jantung yang rusak.

Dokter Frendy selaku Resident Medical Officer RS Jantung Diagram Siloam Cinere menjelaskan, endokarditis tergolong penyakit yang jarang. Selain itu juga tidak menyerang seseorang dengan jantung yang sehat.

Namun penyakit ini rentan terjadi pada individu dengan kondisi tertentu.

"Misalnya, pada jenis penyakit jantung tertentu, penderita penyakit jantung bawaan, penderita kardiomiopati, dan seseorang dengan katup jantung prostetik. Akan lebih baik jika diketahui memiliki endokarditis, harus segera ditangani karena dapat merusak katup jantung, dan memicu komplikasi yang berbahaya," terang Dokter Frendy belum lama ini.

Lalu apa saja gejala endokarditis?

Gejala endokarditis bisa berkembang perlahan dalam hitungan minggu atau bulan (subacute endocarditis). Bisa juga terjadi secara mendadak dalam beberapa hari (acute endocarditis).

Hal ini tergantung pada kuman penyebab infeksi, dan apakah penderita mengalami gangguan jantung.

Dokter Frendy menjelaskan, gejala endokarditis berupa, nyeri dada yang timbul pada saat menarik napas, nyeri sendi otot, lemas karena kelelahan, keringat dingin, sesak napas, bengkak pada kaki atau perut.

"Gejala ini bisa dirasakan. Penanganan terbaik secara awal adalah mengadakan konsultasi, terutama melalui konsultasi bersama dokter spesialis," ujarnya.

Sedangkan komplikasi yang sangat mungkin timbul pada penderita endokaritis antara lain kerusakan katup dan gagal jantung, darah berbakteri, dan bila ke jaringan otak bisa menimbulkan stroke. Olahe karena itu penyakit ini memang perlu diwaspadai.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip