0
Thumbs Up
Thumbs Down

Melihat Proses Pembuatan Jam Tangan Kayu untuk Souvenir Delegasi KTT G20

okezone
okezone - Thu, 03 Nov 2022 09:18
Viewed: 177
Melihat Proses Pembuatan Jam Tangan Kayu untuk Souvenir Delegasi KTT G20

JAM tangan kayu dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung menjadi salah satu merchandise resmi dari perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada pertengahan November ini. Usaha dirintis oleh Ilham Punastiko ini terletak di Kawasan Cipaganti, Kelurahan Pasteur, Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.

Ilham mengatakan sudah kerjasama dengan pemerintah untuk membuat merchandise jam tangan kayu dari tahun 2021 lalu. Uniknya, selain terbuat dari kayu ada juga jam yang terbuat dari limbah seperti putung rokok, ampas kopi, dan jamur.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam pembuatan jam tangan kayu ini. Pertama, potongan kayu maple di masukan ke dalam mesin pemotong untuk menentukan ukuran jam tangan. Setelah itu, pekerja akan memasukan potongan tersebut ke ruangan lainnya untuk kembali memperhalus potongan bingkai jam tangan.

Setelah proses yang panjang, barulah pekerja mendesain hingga memasukan komponen pendukungnya ke dalam jam tangan kayu. Alhasil, terciptalah deretan jam tangan khas G20.

Menurut salah seorang pengguna jam tangan, Avika, dirinya sangat bangga akan produk UKM Kota Bandung tembus ke KTT G20. Disamping itu, jam tangan ini juga nyaman untuk dipakai.

"Ini produk UMKM Indonesia juga. Jadi dengan kita membeli satu produk lokal, kita juga membantu ekonomi Indonesia," tuturnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip