0
Thumbs Up
Thumbs Down

Malaysia Jadi Wisata Medis Favorit Indonesia

okezone
okezone - Thu, 09 May 2019 21:30
Viewed: 326
Malaysia Jadi Wisata Medis Favorit Indonesia

MALAYSIA menjadi destinasi favorit pasien Indonesia yang ingin berobat. Alasannya karena teknologi terkini, fasilitas lengkap dan budaya dan bahasa yang serupa. Tak ayal jika turis medis Indonesia meningkat tiap tahunnya.

Menurut CEO Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) Sherene Azli, pasien Indonesia datang ke Malaysia dengan berbagai keluhan, mulai ringan sampai berat. "Ada berbagai penyakit, tapi yang paling umum bagi pasien Indonesia adalah onkologi, kardiologi, ortopedi, bahkan dermatologi atau medical check up rutinitas," katanya dalam acara Familirisation Trip MHTC di Kuala Lumpur belum lama ini.

Dia mengatakan, jumlah turis medis pada tahun lalu mencapai 1,2 juta. Angka tersebut meningkat dua kali lipat sejak 2011. Turis medis dari Indonesia hingga kini memang masih menjadi pengunjung dominan, yaitu sekitar 700.000 atau 58,33% dari total pasien internasional.

Bukan hanya biaya kesehatan yang dipatok pihak rumah sakit di Malaysia, Sherene juga menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan Negeri Jiran tersebut memastikan harga atau tarif tidak melebihi tarif maksimal.

"Kesehatan kelas dunia tidak harus mahal," ucapnya. Dia menargetkan, peningkatan jumlah wisatawan medis ke Malaysia naik 20% hingga akhir 2019 seiring masifnya promosi yang dilakukan MHTC.

Sherene menyebutkan, sekitar 79 rumah sakit swasta telah bekerja sama dengan MHTC. MHTC sendiri merupakan sebuah organisasi yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Malaysia.

MHTC bertugas memfasilitasi dan mempromosikan industri wisata medis Malaysia. Organisasi ini bertujuan memudahkan calon pasien merencanakan perjalanan pengobatan selama di Malaysia, mulai memilih penerbangan, kedatangan di bandara, rumah sakit, hingga memilih penginapan.

Dr Efmansyah Iken Lubis MM, Ketua Bidang Usaha dan Kesejahteraan Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yang hadir pada kesempatan itu menuturkan, IDI dan MHTC sejatinya telah membina hubungan kuat untuk mengutamakan keselamatan pasien dan pertukaran informasi terbaru mengenai layanan kesehatan, "Di sini kami memonitor agar pasien mendapatkan hak kesehatan mereka dengan harga yang sesuai," ujarnya.

Malaysia telah diakui secara internasional sebagai Best Country in the World for Healthcare sejak 2015-2017 dan 2019 oleh majalah international Living dari AS serta penghargaan Destination of the Year untuk wisata kesehatan dari 2015-2017 serta penilaian istimewa pada 2018 oleh International Medical Travel Journal dari Inggris.

Pada 2018, Malaysia Healthcare telah melayani lebih dari 1,2 juta wisatawan kesehatan, meningkat 14% dibandingkan 2017. Pihak MHTC berharap ke depan turis medis dari berbagai negara akan semakin bertambah dan dapat merasakan langsung pengalaman yang diberikan Malaysia Healthcare.

"Saya percaya bahwa meningkatnya popularitas Malaysia sebagai tujuan pilihan wisata kesehatan tidak lepas dari kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh wisatawan kesehatan serta upaya media global yang telah meliput industri wisata kesehatan Malaysia dengan sangat baik," ungkap Sherene.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip