0
Thumbs Up
Thumbs Down

Makna Mendalam Motif Batik Mega Mendung

okezone
okezone - Wed, 24 Feb 2021 07:51
Viewed: 119
Makna Mendalam Motif Batik Mega Mendung

Motif batik mega mendung merupakan salah satu motif batik yang disukai oleh banyak orang. Memiliki keistimewaan tersendiri, motif batik mega mendung selalu dicari keberadaannya.

Selain motif dan warnanya yang bagus, batik mega mendung juga memiliki harga yang cukup bervariasi yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Namun siapa sangka kalau ternyata motif batik mega mendung memiliki makna mendalam .

Dikutip dari Youtube Cirebon Cinnamon, mega mendung dapat diartikan dengan 'awan mendung' yang bermakna setiap orang harus mampu menahan amarahnya dalam keadaan terpuruk atau sedih dan bisa mengontrol emosinya di segala kondisi. Maknanya cukup dalam ya, kita harus mampu menahan emosi saat kondisi tidak baik, seperti awan mendung di langit.

Menurut sejarah, adanya batik mega mendung lahir dari pengaruh kebudayaan China yang dibawa oleh warga keturunan Tionghoa sewaktu masuk ke wilayah Indonesia. Faktor lain yang menguatkan pengaruh kebudayaan China adalah, salah satu tokoh penyebar agama Islam yang cukup berpengaruh di wilayah Kota Cirebon yang bernama Sunan Gunung Jati, menikah dengan seorang wanita Tionghoa bernama Om Tim.

Sementara itu, motif mega mendung yang berbentuk gumpalan awan ini, pertama kali dibuat oleh Pangeran Cakrabuana yang ditujukan untuk orang-orang keraton. Motif batik ini juga pernah menjadi sampul buku yang berjudul Batik Design karya Pepin Van Roojen asal Belanda.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip