0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ketua IDI: Prokes Harga Mati, Ditinggal Orang Bisa Mati!

okezone
okezone - Tue, 31 Aug 2021 13:01
Viewed: 128
Ketua IDI: Prokes Harga Mati, Ditinggal Orang Bisa Mati!

PROTOKOL kesehatan atau prokes adalah kebiasaan baru yang menjadi salah satu kunci mengakhiri pandemi Covid-19. Aktivitas sederhana lagi murah namun masih belum bisa ditaati dengan disiplin masyarakat.

Prokes sendiri menjamin kebersihan diri, meminimalisir individu terpapar virus dari orang lain, dan menjamin keamanan dari serangan virus yang kini semakin berkembang, melahirkan banyak varian.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M. Faqih, bahkan menegaskan bahwa prokes adalah harga mati di situasi pandemi ini. "Prokes itu harga mati. Jika ditinggalkan, maka risikonya seseorang bisa mati," katanya dalam webinar 'Keluarga Sehat Indonesia Kuat', Selasa (31/8/2021).

Salah satu poin dalam prokes yang disorot Daeng adalah menjaga kebersihan. Sudah barang wajib bagi setiap individu sekarang rutin mencuci tangan sebelum maupun setelah melakukan aktivitas. Tangan yang bersih ternyata menentukan kesehatan.

"Anda tahu, masalah diare yang sangat besar dampaknya bisa dicegah hanya dengan cuci tangan. Tangan yang bersih meminimalisir risiko munculnya penyakit akibat masuknya virus atau mikroorganisme penyebab penyakit lainnya," ungkap Daeng.

Baca Juga : Terungkap Alasan Kak Seto Tetap Pakai Rambut Poni Antibadai Sejak 1978

Selain tangan yang bersih, Daeng menambahkan, tubuh secara keseluruhan pun mesti terjamin kebersihannya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, menjaga kebersihan dari ujung rambut sampai ujung kaki adalah keharusan.

Untuk itu, ia menyarankan agar masyarakat rutin mandi dengan bersih. Ya, salah satunya menggunakasabun antiseptik yang dapat melunturkan mikroorganisme berbahaya yang menempel di kulit.

"Personal hygiene itu penting banget. Ini dapat menentukan bagaimana kesehatan kita tetap terjaga selama melawan pandemi Covid-19," tambahnya.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip