0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kenapa Wanita Lebih Rentan Alami Efek Samping Vaksin Covid-19 Dibanding Pria?

okezone
okezone - Wed, 08 Sep 2021 18:10
Viewed: 145

MENGALAMI efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19 adalah kejadian umum. Kondisi yang disebut KIPI tersebut tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan dan bersifat sementara.

Setelah divaksinasi terhadap virus SARs-COV-2, seseorang mungkin mengalami penyakit ringan, sementara yang lain mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Bergantung pada sistem kekebalan Anda dan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap patogen asing, tubuh Anda cenderung menunjukkan reaksi yang dapat berubah dari ringan hingga parah.

Sama seperti infeksi virus corona, vaksin dapat memicu gejala yang mungkin tampak mirip dengan gejala Covid-19. Mengingat bahwa vaksin corona adalah tiruan dari virus yang sebenarnya, itu memicu respons imun yang menyerupai respons imun yang diaktifkan oleh infeksi Covid-19.

Mulai dari demam, kelelahan, mual hingga sakit tubuh, banyak gejala telah dilaporkan pada orang yang telah menerima vaksinasi Covid-19.

Selain itu, banyak juga yang mengalami gatal-gatal, kemerahan, bengkak di tempat suntikan, yang hilang dalam satu atau dua hari.

Tidak ada yang mengatakan siapa yang mendapat lebih banyak efek samping daripada yang lain. Namun, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa faktor-faktor tertentu dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang mengalami efek samping yang parah, terutama jika menyangkut wanita.

Baca Juga : Apakah Sakit Telinga Termasuk Gejala Covid-19 Varian Delta?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang dilansir Times of India, analisis data yang diterbitkan dalam Morbidity and Mortality Weekly Report pada Februari, ditemukan bahwa sebagian besar reaksi terhadap vaksin Covid-19, wanita melaporkan lebih banyak efek samping vaksin daripada pria.

Dari jumlah total vaksinasi yang dilakukan, 79 persen efek samping dilaporkan oleh perempuan meskipun sekitar 60 persen dari dosis diberikan kepada perempuan.

Baca Juga : Benarkah Sembelit Gejala Covid-19?

Sesuai penelitian, ditemukan bahwa 19 wanita yang menerima suntikan Moderna melaporkan reaksi yang merugikan, sementara 44 persen wanita, yang mengeluhkan reaksi anafilaksis, diberi suntikan Pfizer.

Meskipun mungkin mengkhawatirkan bagi banyak wanita, pasti menarik untuk mengetahui mengapa hal itu terjadi dan apakah wanita harus khawatir, atau bahkan tidak sama sekali.

Ketika seseorang menerima vaksin, sistem kekebalan tubuh diaktifkan, yang menghasilkan antibodi untuk melawan patogen berbahaya. Ini pada gilirannya menyebabkan respons peradangan dalam tubuh, yang menyebabkan berbagai efek samping.

Sementara laporan menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terhadap efek samping vaksin, bisa jadi karena mereka memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih sehat dibandingkan dengan pria.

Penelitian juga mengklaim bahwa wanita menghasilkan antibodi yang lebih kuat dibandingkan dengan rekan pria mereka. Mengalami efek samping adalah proses alami dan seseorang tidak perlu khawatir akan hal itu.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip