0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kenali Perbedaan Karantina dan Isolasi, Apa Saja?

okezone
okezone - Wed, 27 Oct 2021 21:05
Viewed: 112
Kenali Perbedaan Karantina dan Isolasi, Apa Saja?

SELAMA masa pandemi Covid-19, pemerintah terus memperketat celah masuknya varian baru Covid-19 dari luar negeri. Oleh sebab itu para pelaku perjalanan dari luar negeri menuju Indonesia wajib melaksanakan karantina untuk memastikan orang tersebut sehat dan tidak membawa penyakit.

Selain itu pelaku perjalanan internasional juga diwajibkan untuk menjalani karantina selama 5x24 jam dengan ketentuan yang berlaku.

Meski demikian, saat ini masih ada masyarakat yang kebingungan mengenai perbedaan antara karantina dan isolasi mandiri. Meski terlihat mirip, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (27/10/2021), berikut perbedaan karantina dan isolasi.

1. Karantina

Memisahkan seseorang yang terpapar Covid-19 yang bertujuan untuk mengurangi risiko penularan. Terpapar melalui riwayat kontak atau riwayat bepergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas. Dilakukan meskipun seseorang belum menunjukkan gejala apapun atau sedang dalam masa inkubasi.

Karantina dinyatakan selesai saat hasil tes PCR pada hari kelima karantina negatif, atau setelah 14 hari jika tidak dapat melakukan pemeriksaan tes PCR atau rapid tes antigen.

2. Isolasi

Upaya memisahkan dari orang yang sehat, yang bertujuan untuk mengurangi risiko penularan. Orang yang sakit (suspek) dan membutuhkan perawatan Covid-19 atau sudah terkontaminasi Covid-19.

Isolasi dinyatakan selesai jika suspek saat hasil tes PCR pada hari kedua isolasi negatif. Sementara jika orang yang terkonfirmasi tanpa gejala setelah 10 hari. Jika bergejala minimal 10 hari ditambah sekurang-kurangnya tiga hari yang bebas gejala.

Sementara itu menurut Cleveland Clinic, Rabu (27/10/2020), terdapat beberapa penjelasan lainnya mengenai perbedaan karantina, isolasi dan social distancing yang sering disebut selama masa pandemi Covid-19.

1. Karantina

Pemerintah menggunakan karantina untuk menghentikan penyebaran penyakit menular. Karantina adalah untuk orang-orang atau kelompok yang tidak memiliki gejala tetapi terkena penyakit. Karantina menjauhkan mereka dari orang lain sehingga mereka tidak secara sengaja menginfeksi siapapun.

2. Isolasi

Isolasi memiliki tujuan yang sama seperti karantina. Namun isolasi disediakan bagi mereka yang sudah sakit.

Hal ini akan membuat orang yang terinfeksi menjauh dari orang yang sehat untuk mencegah penyebaran penyakit.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip