0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jika Ada Atlet Olimpiade Tokyo Positif Covid-19, Ini Langkah yang Dilakukan

okezone
okezone - Mon, 26 Jul 2021 09:38
Viewed: 76
Jika Ada Atlet Olimpiade Tokyo Positif Covid-19, Ini Langkah yang Dilakukan

OLIMPIADE Tokyo 2020 berlangsung di tengah pandemi covid-19. Ajang olahraga bergengsi di dunia ini pun memberlakukan aturan superketat dengan harapan tidak menjadi klaster persebaran covid-19.

Tapi, apa yang terjadi jika ada atlet dinyatakan positif covid-19? Apakah si atlet akan langsung dicoret dari daftar pertandingan di Olimpiade Tokyo 2020 atau bahkan langsung dipulangkan ke negaranya?

Baca juga: Selama Pandemi, Anak Indonesia Kurang Gerak dan Rendah Paparan Matahari

Menurut laporan TIME, penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung di wilayah zona merah (darurat). Karena itu, penjagaan, pengawasan, dan pengetesan terkait covid-19 dilakukan supermasif.

"Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo telah membuat serangkaian kebijakan ketat yang mengatur bagaimana atlet, pelatih, dan staf harus berperilaku untuk meminimalkan risiko, baik kasus impor infeksi maupun kejadian yang tersebar di lingkungan Olimpiade," terang laporan tersebut, seperti dikutip MNC Portal, Senin (26/7/2021).

Meskipun diberlakukan pengujian agresif, infeksi tetap saja bisa terjadi, dan benar saja diketahui ada tiga atlet dinyatakan positif covid-19 di Desa Olimpiade Tokyo 2020. Kasus pertama datang dari atlet senam wanita asal Amerika Serikat.

Lalu ada juga atlet sepakbola Afrika Selatan yang dinyatakan positif dan membuat tim tersebut dilarang berlatih bersama sampai tes berulang di antara mereka menyatakan hasil negatif covid-19.

"Menjadi perhatian semua, meski pengujian dilakukan masif, virusnya sangat tidak dapat diprediksi dan meskipun sekira 80 persen atlet melaporkan telah divaksinasi, vaksin tidak dapat mencegah infeksi 100 persen setiap saat," tambah laporan tersebut.

Baca juga: Melihat Tren Bedah Plastik Para Perempuan di Pusat Kartel Narkotika Meksiko

Lantas, apa saja aturan ketat yang diberlakukan di Desa Olimpiade dan bagaimana jika atlet dinyatakan positif covid-19?

Strategi menghalau terjadinya infeksi seminimal mungkin selama beberapa minggu mendatang melibatkan semua orang di Desa Olimpiade sebanyak mungkin dan mengujinya sesering mungkin.

Lalu setiap orang dari luar negeri diminta meminimalkan perjalanan selama 14 hari sebelum penerbangan menuju Tokyo. Kemudian diminta mengikuti langkah-langkah pencegahan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan terlepas apakah mereka sudah divaksinasi atau belum.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip