0
Thumbs Up
Thumbs Down

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Ini Tanggapan Kemenkes

okezone
okezone - Thu, 14 May 2020 12:54
Viewed: 85
Iuran BPJS Kesehatan Naik, Ini Tanggapan Kemenkes

Rencana kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 menuai respon pro dan kontra dari masyarakat. Banyak masyarakat yang keberatan dan mempertanyakan tentang kenaikan iuran tersebut.

Sebagaimana diketahui pemerintah akan menaikan iuran BPJS mulai 1 Juli 2020. Peserta BPJS yang terdiri dari Pekerja Buka Penerima Upah (PBPU) dan Bayar Pribadi (BP) disesuaikan menjadi Rp150.000 kelas I, Rp100.000 untuk kelas II, dan Rp42.000 untuk kelas III.

Menanggapi keputusan tersebut, Sekertaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, mengatakan bahwa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah bagian dari program sistem jaminan sosial nasional yang memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu pemerintah juga membantu dalam mengatur landasan hukum JKN sesuai dengan asas yang berlaku.

"Sesuai dengan undang-undang 40 tahun 2014 sudah mengamanatkan asas gotong royong. Kegotong-royongan ini ditandakan dengan pemerintah membiayai masyarakat miskin melalui iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI)," terang Oscar, dalam Live Streaming Anggaran Jaminan Kesehatan Nasional, Kamis (14/5/2020).

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip