0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini Dia 5 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin Tubuh

okezone
okezone - Fri, 04 Jun 2021 07:47
Viewed: 99
Ini Dia 5 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin Tubuh

HEMOGLOBIN (Hb) adalah protein kaya zat besi yang mengatur oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin berfungsi membantu sel darah merah memompa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Rendahnya tingkat hemoglobin berdampak buruk terhadap kesehatan karena tubuh kekurangan zat besi. Ini dapat dilihat gejala awalnya seperti kelelahan, rambut rontok, sakit kepala, pusing, dan detak jantung cepat.

Untuk mengatasi gejala tersebut, seseorang harus melakukan pemeriksaan berkala selama setahun sekali guna memastikan semuanya terkendali. Kadar hemoglobin normal adalah 14 hingga 18 g/dl untuk pria dewasa dan 12 hingga 16 g/dl untuk wanita dewasa.

Menurut Australian Recommended Dietary Intake (RDI), pria di atas usia 19 tahun harus mengonsumsi sekira 8 miligram zat besi setiap hari. Di sisi lain, wanita berusia 19 hingga 50 tahun diharuskan mengonsumsi 18 miligram zat besi setiap hari.

Berikut beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin tubuh, seperti dikutip dari laman Times of India.

Baca juga: Deretan Makanan Peningkat Energi Tubuh, Nomor 5 Paling Digemari

1. Mengonsumsi smoothies

Jika Anda menyukai smoothies yang sehat, maka perlu mencoba smoothies yang mengandung zat besi. Ini merupakan sarapan sempurna setelah berolahraga.

Hanya dengan tiga bahan, Anda dapat membuat smoothies bergizi dengan cara termudah. Cukup tambahkan segenggam daun bayam ke dalam blender, masukkan bit cincang dan apel sesuai selera, kemudian campur semuanya menjadi satu. Anda bisa menambahkan satu sendok madu untuk sedikit rasa manis.

Kandungan dalam satu buah apel mengandung 0,31 miligram zat besi, sedangkan 100 gram bit mengandung 0,8 miligram. Bayam kaya akan zat besi karena mengandung 4 miligram per 100 gram.

2. Campuran biji-bijian

Jika rasa lapar menyerang Anda pada waktu yang tidak menentu, maka konsumsi makanan bergizi. Anda dapat dengan mudah membuat dengan mencampurkan kacang dengan biji bersama-sama. Beberapa asupan yang kaya zat besi berupa almond, kismis, biji labu, biji rami, kacang tanah, kacang mete, biji wijen, kenari, dan hazelnut.

Baca juga: Sedang Diet? Yuk Cobain 4 Dessert Penurun Berat Badan

3. Kombinasi buah-buahan

Mengombinasikan semua jenis buah akan baik bagi Anda untuk meningkatkan zat besi. Buah-buahan seperti semangka, delima, apel, dan stroberi kaya kandungan zat besi. Anda dapat memotong semuanya menjadi potongan-potongan kecil dan mencampurnya untuk membuat salad buah.

Ini dia beberapa buah yang memiliki banyak kandungan zat besi per 100 gram:

Semangka = 0,4 miligram

Delima = 0,3 miligram

Stroberi = 0,4 miligram

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip