0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ilmuwan Sukses Ciptakan Kopi Tanpa Biji, Selamat Datang Masa Depan!

okezone
okezone - Fri, 24 Sep 2021 11:32
Viewed: 79

KOPI tanpa biji telah diciptakan di laboratorium. Penemuan inovasi kopi ini dikabarkan akan menjadi sesuatu yang baik di masa depan.

Ya, penelitian telah menunjukkan bahwa kopi sangat rentan terhadap perubahan iklim. Ini berkaitan dengan banyak lahan yang cocok untuk produksi, namun akan terus berkurang secara signifikan karena berkurangnya lahan hijau di masa depan.

Namun teknologi menjadi solusi dari masalah tersebut. "Idenya adalah bioteknologi, daripada pemanfaatan pertanian konvensional untuk produksi makanan. Ini adalah praktik berkelanjutan," kata dr Heiko Rischer, Kepala Bioteknologi Tanaman di lembaga penelitian VTT Finland, dikutip dari New Atlas, Jumat (24/9/2021).

Salah satu dampak yang akan dirasakan adalah minimnya penggunaan air dan rendahnya operasional. Selain itu, tidak ketergantungan musim dan tidak membutuhkan pestisida.

Baca Juga : Berhenti Ngopi Bisa Sebabkan Migrain Loh, Ini Penyebabnya

Saat ini peneliti tengah melakukan proyek memproduksi kopi yang ditanam di laboratorium menggunakan sel yang dipanen dari tanaman asli. Pekan lalu, penelitian ini membuahkan hasil.

"Tim memproduksi cangkir kopi pertama yang berbau dan terasa mirip dengan kopi biasa, padahal ini kopi hasil tanam bioteknologi yang dikerjakan di laboratorium," ungkap Rischer.

Jadi, bagaimana kopi tanpa biji ini diciptakan?

Rischer menjelaskan, awalnya kultur sel dimulai dari bagian tanaman itu sendiri, misal daun. Sel-sel yang terbentuk kemudian diperbanyak pada media nutrisi tertentu.

Akhirnya, sel-sel dipindahkan ke bioreaktor dari mana biomassa kemudian dipanen. Sel-sel tersebut lalu dikeringkan dan dipanggang dan kopi pun bisa diseduh.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip