0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hendak Bepergian, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini kalau Tak Mau Sakit Perut Tiba-Tiba

okezone
okezone - Sun, 09 Aug 2020 14:06
Viewed: 80
Hendak Bepergian, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini kalau Tak Mau Sakit Perut Tiba-Tiba

SAKIT perut memang bisa terjadi kapan saja, kadang di saat yang tak terduga. Akibat gejala refluks asam, suatu kondisi di mana asam lambung yang keluar ke kerongkongan, mendorong makanan yang menyebabkan mulas.

Mulas terjadi karena asam lambung tidak dapat keluar ke kerongkongan, karena adanya penghalang yang disebut sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan makanan keluar ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Nah ada beberapa makanan yang mengontraksi otot dalam perut yang bisa menyebabkan mulas. Anda harus tahu agar mulas tidak mengganggu aktivitas Anda. Ini dia dilansir Okezone dari Healthline.

Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak bisa menyebabkan mulas. Sayangnya, ini termasuk makanan yang sangat sehat dan bergizi seperti alpukat, keju, dan kacang-kacangan. Mereka mungkin mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, otot yang bertindak sebagai penghalang antara esofagus dan perut.

Saat otot ini rileks, asam lambung bisa keluar dari lambung ke kerongkongan dan menyebabkan mulas. Bisa juga disebabkan oleh makanan yang digoreng dan makanan bungkus yang tinggi lemak.

Mint

Permen seperti peppermint dan spearmint sering dianggap menenangkan kondisi pencernaan. Namun, ada beberapa bukti bahwa permen ini dapat menyebabkan mulas. Satu studi menemukan bahwa dosis tinggi spearmint dikaitkan dengan gejala refluks asam.

Anehnya, spearmint tidak mengendurkan sphincter esofagus bagian bawah. Sebaliknya, para peneliti percaya bahwa spearmint dapat menyebabkan mulas dengan mengiritasi lapisan esofagus.


Jus Jeruk

Minum jus jeruk dapat memicu gejala mulas. Dalam penelitian lain terhadap sekitar 400 orang penderita mulas, 73% mengalami mulas setelah minum jus jeruk atau jeruk bali.

Temuan menunjukkan bahwa jumlah asam dalam jus jeruk mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan gejala mulas. Namun, tidak sepenuhnya jelas bagaimana jus jeruk dapat menyebabkan mulas.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip