0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hari PMI, Kebutuhan Tranfusi Plasma Masih Jadi PR Besar Selama Pandemi

okezone
okezone - Sat, 18 Sep 2021 07:54
Viewed: 57
Hari PMI, Kebutuhan Tranfusi Plasma Masih Jadi PR Besar Selama Pandemi

HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI) harus dihadapkan dengan pandemi. Tugasnya pun tak sekadar mengurusi donor darah, namun juga donor plasma konvalesen.

Donor konvalesen menjadi salah satu alternatif pengobatan Covid-19. Para penyintas akan mendonorkan plasma darahnya untuk pasien kritis atau bergejala berat, dengan harapan dapat memberikan kekebalan tubuhnya secara alami

Putri Bung Hatta Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono menuturkan, pandemi telah memberikan nuansa dan pengalaman besar kepada PMI, untuk bergerak maju sesuai kebutuhan darurat bagi rakyat Indonesia.

"Kebutuhan transfusi plasma darah konvalesen dari penyintas Covid-19 untuk korban baru menjadi kesadaran baru bagi insan kesehatan dan masyarakat awam," lanjutnya.

Prof Meutia mengatakan, meski belum semua berhasil, pengalaman ini membuat masyarakat dan insan PMI terus belajar. Para ahli juga akan makin giat dan serius untuk mencari jalan untuk peningkatan keberhasilan menyembuhkan penderita Covid-19 yang baru, sampai nanti pandemi berakhir.

"Walaupun mungkin tidak berarti sudah lenyap, kewaspadaan masih tetap harus dipegang dan berbagai strategi mengatasi pandemi tetap harus ditingkatkan," ujarnya.

Perlu diketahui, donor konvalensen pada dasarnya sama seperi donor darah biasa. Namun, donor plasma konvalensen hanya mengambil plasma darahnya yang dinilai mengandung antibodi untuk melawan Covid-19.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip