0
Thumbs Up
Thumbs Down

HAN 2019, Siswi Sumba Timur Suarakan Hak Anak di Forum PBB

okezone
okezone - Tue, 23 Jul 2019 21:50
Viewed: 85

Hari Anak Nasional (HAN) saat ini tengah dirayakan oleh seluruh anak di Indonesia. Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Dalam rangka memperingati HAN 2019 dengan slogan Kita Anak Indonesia, Kita Gembira, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), memberikan penghargaan kepada anak-anak yang berprestasi, termasuk kepada Roslinda, siswa kelas 3 SMP dari Sumba Timur yang menjadi delegasi anak dari Indonesia di ajang Internasional.

KemenPPPA memberikan apresiasi kepada Roslinda berupa piagam sebagai bentuk penghargaan atas prestasinya yang telah memperjuangkan hak sipil anak dan akta kelahiran di wilayahnya.

Roslinda, perempuan berusia 14 tahun yang kerap dipanggil Oslin ini telah menjadi wakil dari Indonesia untuk berbicara di rangkaian kegiatan terkait High Level Political Forum (HLPF) di New York pada 9-18 Juli 2019 yang lalu. Dia merupakan satu-satunya anak Indonesia yang hadir dalam kegiatan yang dihadiri oleh 47 negara itu.

Hal ini berkat pencapaian positif Oslin dan teman-temannya dalam forum anak Kombapari. Mereka berhasil mengadvokasi pemerintah daerah di Sumba Timur hingga kini kepemilikan akta kelahiran di wilayahnya itu meningkat menjadi 100%. Selain itu, telah diterbitkan juga peraturan desa perlindungan anak untuk mencegah pernikahan dini serta kewajiban kepemilikan akta lahir.

Di sisi lain, keterlibatan aktif Forum Anak di musrembangdes (musyarawarah rencana pembangunan desa) yang diketuai oleh Oslin sendiri, berkontribusi positif. Hal ini terlihat dengan adanya alokasi dana desa sebesar Rp 60 juta untuk kampanye penghapusan kekerasan terhadap anak. Bahkan desa Kombapari pun saat ini berkomitmen untuk menjadi Desa Layak Anak.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip