0
Thumbs Up
Thumbs Down

Deddy Corbuzier Heran Sudah Hidup Sehat Bisa Kena Sitokin, Begini Penjelasan dr Gunawan

okezone
okezone - Mon, 23 Aug 2021 13:48
Viewed: 177
Deddy Corbuzier Heran Sudah Hidup Sehat Bisa Kena Sitokin, Begini Penjelasan dr Gunawan

KONDISI Deddy Corbuzier kala terkena Covid-19 mengalami pemburukan, lantaran terkena badai sitokin. Bahkan dari hasil foto thorax diketahui paru-parunya sudah mengalami kerusakan hingga 60 persen.

Hal ini pun membuat Deddy Corbuzier bertanya-tanya. Pasalnya, selama ini dia mempromosikan hidup sehat dan mengonsumsi vitamin D. "Dengan semua yang saya lakukan saya kecewa. Badai sitokin ini masa kritis, di mana hidup atau mati," kata Deddy dalam podcastnya.

"Saya sehat, saya olahraga tiap hari, vitamin D saya tinggi, zinc saya tinggi, saya bisa kena tanpa gejala lalu di minggu kedua hancur saya. Kalau begitu, ngapain saya promo kesehatan?" tambah dia.

Menanggapi hal tersebut, dr. Gunawan sebagai orang yang menangani Deddy Corbuzier pun menilai, hal ini lantaran masih terbatasnya pengetahuan akan virus Covid-19, meskipun Covid-19 sudah menyerang lebih dari satu tahun di Indonesia.

"Ini virus baru, banyak hal yang belum kita tahu terus terang. Dan virus baru ini muncul kan baru tahun lalu, dari bulan ke bulan kita ikuti perjalanan virus ini, ada mutasi, ada mutasi, ada mutasi bahkan ada mutasi dari mutasi," katanya.

Selain itu, menurut dia penganganan Covid-19 ini berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Oleh karena itu, ada kondisi orang yang terkena baik-baik saja, tapi ada juga yang mengalami sakit parah.

"In theory harusnya orang sehat tidak apa-apa, tapi ada beberapa teori yang bilang orang sehat respons imun berlebihan. Jadi ketika sel darah putih makan virus, virus itu sulit dibunuh akhirnya sel darah putih pun bunuh diri," jelas dia.

"Waktu dia bunuh diri dia pecah mengeluarkan zat peradangan. Itulah yang membuat peradangan berlebihan, itu bisa terjadi," jelas dr. Gunawan.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip