0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dari Tokyo ke Gifu: Cara Tercepat dan Termudah untuk Mencapai Kesana

Japanese STATION
Japanese STATION - Sun, 25 Nov 2018 16:15
Viewed: 132

Prefektur Gifu berada di wilayah Chubu, di pusat pulau utama Jepang (Honshu) antara Tokyo dan Kyoto. Kota Gifu, ibu kota selatannya, berjarak 380 km dari Tokyo, di utara Nagoya. Bagian utara Prefektur Gifu didominasi oleh Pegunungan Alpen Jepang, yang terkenal sebagai lokasi rumah jerami Shirakawago yang bersejarah dan kota tua kuno Takayama. Seluruh prefektur kebanyakan bernuansa pedesaan: disana indah, tenang, dan hijau (atau putih di musim dingin). Inilah cara untuk pergi dari Tokyo ke Gifu, dengan apa pun yang kalian pilih untuk lakukan disana.

Pro Tip: Jika kalian akan melakukan perjalanan lokal lainnya saat berkunjung ke Jepang, bepergian dengan Japan Rail Pass sangat disarankan, karena memberi kalian akses shinkansen hampir tak terbatas di seluruh negeri selama 7, 14, atau 21 hari. Jika kalian pergi dari Tokyo ke Gifu, lalu ke Osaka atau Hiroshima, misalnya, kalian tidak perlu membeli tiket lagi. Namun, jika kalian hanya melakukan perjalanan ke Gifu, satu tiket shinkansen mungkin lebih ekonomis. Ada juga pilihan lain selain kereta api, seperti bus pariwisata. Di bawah ini, kalian akan menemukan rincian lengkapnya.

Shinkansen (Kereta Cepat)

Shinkansen adalah pilihan termudah dan tercepat untuk mencapai Gifu dari Tokyo. Gambar oleh Tokyo Cheapo

Dari Tokyo ke Kota Gifu dapat ditempuh dengan cepat menggunakan shinkansen — tergantung kereta apa yang kalian gunakan, tetapi biasanya perjalanan memakan waktu 100 hingga 120 menit ke Nagoya, dan kemudian naik kereta lokal selama 20-30 menit langsung ke Gifu dari sana. Pilihan tercepat adalah mengendarai Nozomi Shinkansen diikuti oleh JR Tokaido Line Special Rapid ke Gifu dari Nagoya, yang akan membawa kalian kesana dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit. Kombinasi terbaik berikutnya adalah dengan Hikari Shinkansen dan Tokaido Line yang sama (menggunakan JR Pass), yang akan membawa kalian ke Stasiun Gifu hanya dalam waktu tiga jam (kadang-kadang kurang). Jika kalian menggunakan Japan Rail Pass, kalian akan menggunakan Hikari atau shinkansen yang lebih lambat.

Shinkansen yang paling lambat yang bisa kalian ambil adalah Kodama — model lama yang melaju dari Tokyo ke Nagoya hanya dalam waktu kurang dari tiga jam. Ada tiket diskon yang tersedia untuk si lambat ini, tetapi jika kalian tidak menggunakan salah satu dari itu, kalian lebih baik menggunakan Hikari atau Nozomi karena mereka jauh lebih efisien — dan ada banyak dari mereka setiap hari.

Dari Kota Gifu, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Takayama dan Shirakawago menggunakan kereta api atau bus. Jika kalian hanya berencana berjelajah di sekitar prefektur, kalian juga dapat memilih rute lurus untuk langsung sampai kesana dari Nagoya.

Biaya

Pada musim liburan (libur musim semi dan musim panas, Golden Week, dan periode Tahun Baru), tiket shinkansen satu arah dari Tokyo ke Nagoya adalah sekitar ¥ 11.290, ditambah tiket dari Nagoya ke Gifu di Jalur Tokaido, yang biayanya ¥ 550. Shinkansen akan beberapa ratus yen lebih murah saat hari biasa.

Untuk lebih menghemat beberapa ratus yen lagi, kalian dapat memilih tempat duduk tanpa reservasi (jiyuuseki), tetapi dengan menanggung risiko berdiri sepanjang perjalanan — terutama selama musim liburan. Jika kalian bepergian dengan anak-anak atau orang tua, membawa banyak barang bawaan atau tidak ingin berdiri untuk waktu lama, sebaiknya kalian memesan kursi reservasi (shiteiseki) sebagai gantinya. Kalian dapat memesan kursi terlebih dahulu. Kursi di sebagian besar kereta api dari Nagoya ke Gifu biasanya kosong.

Opsi Diskon

Cara terbaik untuk mengurangi biaya naik shinkansen adalah dengan mengambil keuntungan dari Japan Rail Pass (jika kalian adalah pengunjung jangka pendek), atau menggunakan Puratto (Platt) Kodama Economy Plan. Puratto Plan memungkinkan kalian untuk membeli tiket sekali jalan ke Nagoya menggunakan si lambat Kodama dengan biaya antara ¥ 8.300 dan ¥ 9.500, tergantung pada waktu kalian berkunjung. Kalian harus membeli tiket Platt Kodama setidaknya satu hari sebelumnya, dan jumlahnya terbatas. Hubungi JR Tokai Tours untuk informasi lebih lanjut atau pergi ke kantor mereka di Stasiun Tokyo atau Shinagawa, dimana biasanya ada beberapa pegawai yang dapat berbicara sedikit dalam bahasa Inggris.

Penerbangan Lokal

Kaliab bisa terbang dari Tokyo ke Nagoya dan lanjut naik kereta ke Gifu, tapi sejujurnya ini bukanlah pilihan yang praktis. Gambar oleh Tokyo Cheapo

Kalian dapat terbang dari Tokyo ke Nagoya (Bandara Internasional Chubu Centrair) di salah satu maskapai penerbangan domestik Jepang – berangkat dari Haneda atau Narita dan membutuhkan waktu 70 menit. Dari bandara ke Kota Gifu memakan waktu 20-30 menit dengan kereta api.

Kalian dapat memilih antara ANA atau JAL, dengan harga berkisar sekitar ¥ 7.000 sekali jalan. Dengan memperhitungkan biaya dan kerumitan transfer bandara, pilihan ini sama sekali tidak sepadan dengan shinkansen atau bus. Terbang ke Nagoya untuk mencapai Gifu hanya benar-benar masuk akal jika kalian datang dari Hokkaido, Okinawa, atau daerah lain yang jauh di negara ini.

Bus Pariwisata dari Tokyo ke Gifu

Bus biasanya menjadi cara termurah, tetapi bus dengan rute ke Gifu jumlahnya sangat sedikit. Gambar oleh Tokyo Cheapo

Cara termurah untuk pergi dari Tokyo ke Gifu adalah dengan menggunakan bus pariwisata – tiket sekali jalan seharga ¥ 6.200. Perjalanan memakan waktu 7-8 jam, dengan bus biasanya meninggalkan Tokyo pada larut malam, dan mencapai Gifu sekitar fajar.

Sayangnya, ini bukan rute yang cukup populer; hanya beberapa perusahaan yang menawarkan bus langsung ke Gifu, dan dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan bus rute ke Osaka atau Nagoya. Jika kalian tidak menemukan harga murah di Kosoku Bus disini, mungkin ada baiknya melihat jadwal dan rute bus yang tersedia dari Tokyo ke Nagoya pada tanggal perjalanan kalian dan naik kereta api dari sana ke Gifu.

Kereta Api Lokal

Kereta api lokal bisa menjadi salah satu pilihan jika kalian tidak maslah dengan perjalanan yang lambat. Gambar oleh Tokyo Cheapo

Jika kalian berada di Jepang selama musim tiket Seishun 18, kalian dapat melakukan perjalanan yang sangat lambat dari Tokyo ke Gifu hanya dengan menggunakan kereta JR biasa. Karena liburan perguruan tinggi dimulai pada musim panas, musim dingin dan musim semi, tiket murah ini mulai dijual pada waktu-waktu tersebut, memungkinkan kalian akses perjalanan tanpa batas lima hari berturut-turut atau tidak berurutan dengan kereta JR lokal dan cepat (tanpa kereta ekspres super cepat atau shinkansen) seharga ¥ 11.850. Kalian dapat membagi tiket ini agar lebih murah, memungkinkan satu kelompok yang terdiri dari lima orang mendapatkan satu hari penuh perjalanan masing-masing seharga ¥ 2,370.

Untuk merencanakan perjalanan, kalian dapat menggunakan bantuan situs Hyperdia atau Jorudan. Dengan menggunakan tiket Seishun 18 untuk pergi dari Tokyo ke Gifu tampaknya akan memakan waktu sekitar enam setengah jam tanpa pindah jalur dengan menggunakan kereta malam Moonlight Nagara yang berangkat dari Shinagawa ke Gifu. Tanpa tiket Seishun 18, biayanya kira-kira ¥ 6.540. Namun, kereta ini — salah satu kereta terlambat di Jepang — hanya beroperasi selama beberapa hari dan beberapa kali dalam setahun (musim semi, musim panas, musim dingin), dan hampir mustahil untuk melakukan reservasi dari luar negeri.

Jalur kereta lokal dengan tiket Seishun 18 membutuhkan lebih dari lima kali transfer dan memakan waktu tujuh jam atau lebih. Tanpa menggunakan tiket Seishun, kalian dapat pergi ke Gifu dengan menggunakan Limited Express dan kereta lokal dalam lima setengah jam dengan tiga kali transfer, sekitar ¥ 7.090.

Simpulan Singkat Pilihan Transportasi dari Tokyo ke Gifu

Pilihan tercepat, termudah dan paling nyaman adalah shinkansen diikuti dengan naik kereta lokal singkat dari Nagoya ke Gifu, terutama jika kalian memiliki Japan Rail Pass atau memilih tiket Puratto Kodama. Pilihan termurah adalah kereta lokal menggunakan tiket Seishun 18, begitu juga dengan bus pariwisata – dan menjadi pilihan yang lebih praktis.

Jika kalian tidak keberatan membayar tol jalan raya Jepang yang sangat mahal, kalian juga dapat menyewa mobil dan berkendara dari Tokyo ke Gifu. Kecuali kalian bepergian dalam kelompok, ini bukan pilihan yang ekonomis. Kereta dan bus adalah pilihan yang lebih baik.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Disana

Selain Takayama dan Shirakawago, Gifu juga memiliki Gero Onsen, salah satu pemandian air panas paling terkenal di Jepang, Kastil Gifu di ibu kota, dan Gunung Hakusan untuk pendakian. Juga, jika kalian pernah berpikir untuk berjalan santai dengan payung kertas ala Jepang layaknya seorang geisha, Kota Gifu adalah tempat yang tepat untuk membelinya.

 

* Gifu menawarkan berbagai lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut cara untuk pergi dari Tokyo ke Gifu dengan berbagai opsi transportasi yang tersedia.

The post Dari Tokyo ke Gifu: Cara Tercepat dan Termudah untuk Mencapai Kesana appeared first on Japanese Station.

OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip