0
Thumbs Up
Thumbs Down

Covid-19 Varian Mu vs Delta, Mana Lebih Ganas?

okezone
okezone - Fri, 10 Sep 2021 10:15
Viewed: 140
Covid-19 Varian Mu vs Delta, Mana Lebih Ganas?

COVID-19 varian Mu kini menjadi sorotan publik dunia, termasuk Indonesia. Presiden Joko Widodo bahkan menganggap kemunculan jenis baru covid-19 asal Kolombia ini sangat serius dan meminta jajarannya memastikan tidak masuk ke Tanah Air.

Salah satu alasan mengapa covid-19 varian Mu menjadi hal yang perlu diwaspadai adalah mutasi ini dikabarkan memiliki kekuatan kebal vaksin. Namun, informasi tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Cegah Persebaran Varian Mu, Pemerintah Tingkatkan Pengawasan di Pintu Masuk

Di sisi lain, banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengapa varian Mu sangat disorot, padahal masih tergolong dalam variant of interest (VOI) bukan variant of concern (VOC). Apakah varian Mu lebih berbahaya dan lebih ganas daripada varian Delta yang terbukti sudah mendominasi kasus covid-19 di banyak negara?

Ketua Pokja Genetik FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Gunadi SpBA PhD menerangkan bahwa varian Mu dengan kode ilmiah B.1.621 tidak lebih ganas daripada varian Delta. Salah satu alasannya karena ketetapan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengategorikan varian Mu ke dalam VOI bukan VOC.

"Beda dengan varian Delta yang memang sudah ditetapkan sebagai VOC," terangnya dalam keterangan resmi di laman ugm.ac.id, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Cegah Varian Mu, Prof Wiku Sebut Pemerintah Perketat Kebijakan Karantina Internasional

Meski varian Mu tidak terdeteksi di Indonesia, dr Gunadi mengatakan negara tetap perlu mengantisipasinya. Alasannya, varian Mu menyebabkan penurunan kadar antibodi baik akibat infeksi ataupun vaksinasi.

"Hasil riset awal menunjukan varian Mu menyebabkan penurunan kadar antibodi netralisasi, baik karena infeksi alami maupun vaksinasi, serupa dengan varian Beta. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut," katanya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip