0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cegah Klaster Libur Panjang, Perlukah Ada Penutupan Wilayah?

okezone
okezone - Fri, 23 Oct 2020 21:02
Viewed: 104
Cegah Klaster Libur Panjang, Perlukah Ada Penutupan Wilayah?

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap klaster libur panjang virus corona Covid-19 yang bakal terjadi. Hal ini disebabkan oleh sebagian masyarakat yang berencana bepergian dan berwisata untuk menikmati libur panjang pada akhir Oktober 2020.

Sebelumnya Tito telah memberikan lima poin penting dalam upaya mencegah terjadinya klaster libur panjang. Hal tersebut disampaikan Tito dalam konferensi pers yang disiarkan di channel YouTube Sekertariat Kabinet beberapa waktu lalu.

Guna mencegah lonjakan kasus positif Covid-19, sebagian masyarakat berpendapat pemerintah sebaiknya melakukan penutupan wilayah selama jangka waktu libur panjang. Namun apakah hal tersebut efektif untuk dilakukan?

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman menjelaskan bahwa menutup akses menuju daerah lain merupakan suatu hal yang sulit dalam konteks di Indonesia. Ia memberikan contoh apabila melakukan penutupan di Pulau Jawa. Menurutnya hal ini sangatlah sulit, bahkan tidak mungkin untuk dilakukan.

"Pulau Jawa ini interkoneksinya sudah aktif banget dan banyak jalan tikus juga. Kalau mau ditutup gitu, bayangkan berapa banyak SDM yang mau dikerahkan. Ini sangat tidak realistis, kecuali kalau diterapkan di pulau kecil," ucap Dicky, dalam Live Streaming Okezone "Antisipasi Klaster Libur Panjang", Jumat (23/10/2020).

Baca Juga : Epidemiolog Imbau Masyarakat Belajar dari 2 Peningkatan Kasus Libur Panjang Sebelumnya

Lebih lanjut Dicky menjelaskan bahwa satu-satunya cara yang bisa dilakukan pemerintah adalah membangun kesadaran masyarakat. Pemerintah harus membangun kesadaran tersebut dengan melibatkan stakeholder dan peran aktif bersama.

"Jadi masyarakat harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Jangankan kota, antar kabupaten daerah saja sangat susah untuk melakukan pembatasan seperti ini. Jadi pastikan masyarakat tidak keluar dari daerahnya tapi diperkuat protokol kesehatannya. Kuatkan aspek Tracing, Testing dan Treatment (3T)," tuntasnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip