0
Thumbs Up
Thumbs Down

Berburu Kuliner Betawi di Festival Jalan Jaksa, Ada Makanan Kesukaan Jokowi

okezone
okezone - Sat, 24 Aug 2019 08:30
Viewed: 126

Jakarta sedang pesta kuliner. Festival Jalan Jaksa menjadi event minggu ini yang mesti Anda datangi, karena banyak kuliner khas Betawi di sana. Tidak hanya itu, makanan khas provinsi lain pun ada di sana.

Namun, karena memang diselenggarakan di Jakarta, tentu kuliner Betawi menjadi primadonanya. Anda bisa menemukan makanan Betawi yang sangat jadul bahkan sampai yang punya sejarah khusus dengan tokoh negara.

Okezone coba merangkum khusus untuk Anda dan berikut ini 5 kuliner khas Betawi yang bisa menjadi referensi jajan Anda di Festival Jalan Jaksa

1. Dodol Betawi

Makanan khas Betawi satu ini sangat pas dimakan ditemani kopi hitam. Tidak hanya dodol biasa, sekarang ini semakin banyak varian baru yang dimunculkan, seperti dodok wijen, dodol durian, hingga dodol ketan hitam.

Menurut Akbar, pedagang, dodol Betawi berbeda dengan dodol Garut. "Kalau dodol Betawi itu rasanya tidak terlalu kuat dan teksturnya lebih lembut. Selain itu, warnanya pun lebih terang dan manisnya nggak begitu kenceng," paparnya.

Perlu diketahui, dodol Betawi itu terbuat dari tepung terigu, gula merah, dan santen. Proses pembuatannya bisa seharian jika dengan kompor, namun kalau pakai tungku, 8 jam sudah matang.

2. Geplak

Kue manis ini ternyata menjadi bagian penting dalam prosesi pernikahan adat Betawi. Kue Geplak biasa menjadi hantaran yang dibawa pengantin pria ke rumah calon istrinya.

Kue ini dibuat dari beras yang sudah pera, kemudian digiling hingga menjadi tepung dan setelah itu disangrai. Jika sudah, ditambahkan kelapa parut dan disangrai kembali. Adonan itu lalu dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga mengental dan selagi panas, adonan diaduk hingga padat dan dibentuk sesuai keinginan.

Kuliner kue Geplak yang original dibuat dengan tangan langsung dan ini yang biasanya membuat teksturnya menjadi berbeda. Dengan diaduk menggunakan tangan, kue Geplak terasa lebih bertekstur dan itu yang dirindukan.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip