0
Thumbs Up
Thumbs Down

Begini Tips Siapkan Makanan Sehat ala Jebolan MasterChef Indonesia

okezone
okezone - Wed, 28 Sep 2022 12:33
Viewed: 368
Begini Tips Siapkan Makanan Sehat ala Jebolan MasterChef Indonesia

BANYAK orang yang kerap salah mengartikan makanan sehat dengan buah dan sayur. Pasalnya, kebutuhan tubuh manusia harus dipenuhi lewat berbagai macam nutrisi, termasuk karbohidrat dan lemak.

Padahal, semua makanan bisa disebut makanan sehat, jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan jenisnya sesuai kebutuhan tubuh. Oleh karena itu memilih kebutuhan nutrisi untuk tubuh yang tidak berlebihan sangat penting.

Ahli gizi Puteri Aisyaffa mengatakan, semua makanan bisa disebut sehat bila mengacu pada prinsip jenis makanan, jumlah makanan dan jam makan. Pilihan makanan sehat itu berbeda bagi setiap orang.

"Seandainya Anda mengidap hipertensi, berarti perlu menghindari bahan makanan yang bikin tekanan darah meningkat. Itulah yang dinilai sehat bagi Anda," kata Puteri seperti dilansir dari Antara.

Lalu, bagaimana cara menyiapkan dan memasak makanan yang sehat dalam keseharian? Puteri dan Brian Ardianto dari Masterchef Indonesia (MCI) musim kelima dan Aziz Amri dari MCI musim ketujuh punya tip praktis yang dapat Anda terapkan.

Proses masak singkat, nutrisi terkunci

Puteri menjelaskan semakin cepat suatu bahan makanan dimasak, makin maksimal pula zat gizi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, proses memasak jadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, ketika memasak tumis kangkung, oseng saja sebentar, tambahkan air, masukkan kangkung, dan biarkan hingga layu, lalu angkat.

Proses memasak yang terlalu lama bisa menurunkan nilai gizi, jadi Puteri menyarankan untuk memasak dalam waktu singkat agar zat gizi yang diterima tubuh menjadi maksimal.

Sementara itu, Aziz menyebutkan proses memasak cepat akan mengurangi risiko zat gizi hancur, terbakar, atau menguap. Bila Anda membuat sup atau ayam rebus, sebagian kandungan gizi akan larut ke dalam air rebusan. Bila itu terjadi, konsumsi juga air rebusan kaldu.

"Kalau menyantap ayam rebusnya saja, protein dan serat memang masih didapatkan, tapi kurang maksimal. Kecuali kalau Anda punya masalah asam urat yang perlu menghindari konsumsi kaldu," jelas Aziz.

Di sisi lain, Brian berpendapat cara memasak apa pun bisa diterapkan karena makanan sehat dilihat dari kandungan nutrisi di dalamnya. Cara masak terbaik ala Brian agar zat gizi tidak terbuang adalah dengan cara mengukus.

"Beberapa bahan pangan sangat sensitif terhadap suhu. Saat mengukus, kita memasak dengan suhu rendah dan perlahan, sehingga tak banyak zat gizi yang terbuang," tutur Brian.

Namun, sebaiknya variasikan proses memasak agar Anda tidak merasa bosan. Perbanyak juga varian resep makanan yang dicoba dengan cara mengeksplorasi resep dan tutorial gratis yang dapat dicari di dunia maya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip