0
Thumbs Up
Thumbs Down

Begini Tips Bedakan Es Air Mentah dengan Matang

okezone
okezone - Thu, 01 Dec 2022 17:02
Viewed: 257
Begini Tips Bedakan Es Air Mentah dengan Matang

ES batu balok memang lebih sering digunakan, terutama bagi mereka yang berjualan di pinggir jalan. Memang, es batu yang dibuat dalam bentuk balok masih diperjualbelikan secara luas.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, ada banyak bakteri yang bersembunyi di dalam es batu yang beredar di pasaran. Es batu ini dikenal dengan istilah "es batu balok" karena bentuknya yang besar. Penggunaan es batu balok ini sebenarnya bukan untuk konsumsi, melainkan untuk mengawetkan hasil laut atau mendinginkan minuman dalam kemasan.

Nah, sayangnya banyak pedagang "nakal" yang menggunakannya untuk dikonsumsi. Lalu apa bahaya es balok untuk kesehatan tubuh? Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Sebenarnya, es batu balok ini terbuat dari apa? Es batu balok yang digunakan oleh pedagang-pedagang "nakal" biasanya dibuat dari air mentah. Karena berasal dari air mentah yang tidak melalui proses pemasakan yang baik, tentu kebersihan es batu balok tersebut sangat diragukan. Kandungan yang umumnya terdapat di dalam air mentah adalah bakteri E. coli.

Selain itu, terdapat bakteri Enterobacter sp., Enterobacter cloacae, Pseudomonas sp., Citrobacter, dan Klebsiella. Dari semua bakteri tersebut, keberadaan bakteri E. coli yang harus diwaspadai karena dapat memicu diare atau muntaber.

Bakteri E. coli umumnya berada di dalam usus besar manusia. Jika di luar tubuh manusia, hal ini dapat menjadi indikator bahwa makanan atau minuman yang kamu konsumsi telah tercemar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Mereka mengatakan, es batu balokan tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya bakteri E. coli yang mengancam kesehatan, BPOM juga menemukan bakteri kapang, khamir, dan salmonela.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip