0
Thumbs Up
Thumbs Down

Anemia, Jangan Ragu Konsumsi Tablet Tambah Darah

okezone
okezone - Sat, 23 Jan 2021 16:30
Viewed: 87
Anemia, Jangan Ragu Konsumsi Tablet Tambah Darah

Mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) memang sangat dianjurkan bagi para penderita anemia. Bahkan remaja puteri yang tidak mengalami anemia pun, dianjurkan unruk mengonsumsi 1 butir TTD setiap minggu, setidaknya selama satu tahun (52 tablet).

FKM UI, Prof. Endang Achadi mengatakan, TTD adalah suplemen yang berisi zat besi dan asam folat yang berfungsi untuk membantu membentuk hemoglobin darah. Oleh sebab itu ia menyebut bahwa TTD aman dan tidak berbahaya apabila dikonsumsi.

"Apakah minum TTD berbahaya? Tidak, bila diminum sesuai anjuran. Kecuali untuk mereka yang menderita penyakit darah tertentu seperti thalassemia dan hyperchromatosis. Sementara pada kasus malaria harus dengan pemantauan intensif," ungkap Prof. Endang pertemuan virtual 'Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-61 2021', Jumat (22/1/2021).

Lebih lanjut Prof. Endang mengatakan, TTD tidak berbahaya karena tubuh memiliki mekanisme pengaturan penyerapan zat besi ke dalam tubuh (sifat oto regulasi).

"Bila tubuh memupunyai candangan zat besi yang cukup, maka besi dari makanan atau TTD hanyalah sedikit yang diserap, sisanya dibuang melalui feses. Sebaliknya bila tubuh kekurangan zat besi, atau bahkan sudah menderita anemia, maka zat besi yang diserap lebih banyak," tuntasnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip