0
Thumbs Up
Thumbs Down

Anak Usia 5 Tahun Lebih Masih Mengompol, Wajarkah?

okezone
okezone - Sun, 20 Dec 2020 08:30
Viewed: 115
Anak Usia 5 Tahun Lebih Masih Mengompol, Wajarkah?

BEBERAPA anak masih mengompol ketika tidur di malam hari. Di antara mereka bahkan usianya sudah cukup besar yakni 5 tahun lebih. Lalu muncul pertanyaan, wajarkah ini terjadi?

Harus menjadi perhatian terkait kondisi anak berusia lebih dari 5 tahun yang masih mengompol ketika tidur malam. Bisa jadi mereka belum bisa berkemih mandiri atau buang air kecil sendiri di kamar mandi. Patut dicurigai juga mengalami enuresis.

Baca juga: Apa Penyebab Sering Ngompol meski Sudah Remaja?

"Proses berkemih saat anak bangun dan tidur itu bagian terakhir proses tumbuh kembang. Perlu waktu hingga usia 4 tahun baru anak bisa mulai mengontrol berkemihnya saat bangun dan saat tidur. Enuresis (terjadi) kalau anak usia lebih dari 5 tahun pada malam hari mengompol saat tidur," ungkap Kepala Departemen Urologi FKUI-RSCM Irfan Wahyudi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/12/2020).

Anak usia 1 sampai 2 tahun umumnya baru merasakan kandung kemih penuh, diikuti kemampuan buang air kecil secara sadar. Ketika usia 3 tahun, anak akan mampu menahan pipis. Lalu di atas usia 4 tahun tidak mengompol pada malam hari.

"Ajari anak dengan toilet training usia 2 tahun, lalu penggunaan popok sampai anak besar itu bisa menyebabkan anak malas ke toilet," jelas Irfan.

Sementara jika anak tak bisa mengontrol berkemih saat terbangun pada malam hari maka disebut nokturia. Pada orang dewasa ini diartikan terbangun bangun untuk berkemih dan diikuti keinginan tidur lagi.

Baca juga: Kenali Tipe Nokturia yang Sebabkan Seseorang Sering Pipis Tiap Malam

Enuresis bisa diikuti gejala berkemih lain, seperti buang air kecil terputus-putus atau nyeri saat berkemih atau tak ada gejala lain yang disebut monosimtomatik enuresis (MNE).

Menurut Irfan, kecurigaan enuresis pada anak juga bisa diperkuat jika tidak ada kelainan saraf atau anatomi, mengompol terus terjadi atau kambuh kembali setelah enam bulan.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip