0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ade Irawan Dikubur Satu Liang Lahat dengan Ria Irawan, Dalam Islam Hukumnya Haram?

slidegossip
slidegossip - Fri, 17 Jan 2020 19:00
Viewed: 74
Ade Irawan Dikubur Satu Liang Lahat dengan Ria Irawan, Dalam Islam Hukumnya Haram?
slidegossip.com - Jenazah artis senior Ade Irawan rencananya akan dimakamkan pada hari Sabtu (18/1/2020) di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan sekitar pukul 10.00 WIB pagi. Seperti dilansir dari hot.detik.com (17/1/2020), hal tersebut diungkapkan oleh anak kedua Ade Irawan, Adi Bambang Irawan.

Ade Irawan dan Ria Irawan (kincir.com)

"Pemakamannya rencana, dimakamkannya besok pukul 10 pagi di Tanah Kusir," ungkap Adi Bambang Irawan, anak kedua dari Ade Irawan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Ade Irawan akan dimakamkan bersamaan dengan makam suaminya, Bambang Irawan dan juga sang putri Ria Irawan yang meninggal dunia pada tanggal 6 Januari 2020 lalu. "Yang kemungkinan dimakamkannya sama dengan bapak saya almarhum," ujar Adi.

Adi juga mengungkapkan, bahwa sang Ibunda menginginkan agar dikubur satu liang lahat dengan putrinya, Ria Irawan. "Waktu itu saya sempat nanya, Ria kenapa nggak ditumpuk (kuburannya). Katanya dia (Ade Irawan) ingin satu makam sama Ria," ucap Adi.

Lalu bagaimana sebenarnya hukum menguburkan jenazah dua orang dalam satu liang lahat menurut Islam? Ustadz Sigit Pranowo, Lc memberikan penjelasannya. "Syeikh Athiyah Saqar mengatakan bahwa pada asalnya dalam penguburan hendaknya seorang mayat ditempatkan didalam satu liang kubur. Adapun menguburkan lebih banyak dari satu orang mayat didalam satu liang kubur maka diharamkan menurut junhur fuqaha, sementara menurut abu Hanifah itu adalah makruh. Yang demikian apabila tidak ada keterpaksaan atau keperluan," terang Ustadz Sigit Pramono.

"Apabila terdapat keterpaksaan (darurat) seperti banyaknya orang yang meninggal, kesulitan menguburkan perorang di dalam satu liang kubur atau terdapat keperluan seperti kesulitan di dalam menggali kuburan untuk setiap mayat maka dibolehkan mengumpulkan lebih dari satu mayat di dalam satu liang kubur baik sesama jenis kelamin atau berbeda dengan mengedepankan laki-laki dari yang perempuan di dalam penguburannya dengan menghadap kiblat," lanjutnya.
Source: slidegossip
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip