0
Thumbs Up
Thumbs Down

8 Manfaat Nanas, Salah Satunya Kurangi Risiko Kanker

okezone
okezone - Wed, 02 Dec 2020 15:16
Viewed: 80
8 Manfaat Nanas, Salah Satunya Kurangi Risiko Kanker

Nanas adalah buah tropis yang segar dan sehat. Buah ini kaya akan nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Selain itu, nanas juga dapat membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat pemulihan setelah operasi.

Masih banyak manfaat lain dari buah nanas untuk kesehatan tubuh. Berikut Okezone paparkan beragam manfaat buah nanas, melansir dari Healthline.

1. Kaya akan serat dan nutrisi

Nanas rendah akan kalori tetapi memiliki nutrisi yang banyak. Nanas juga sangat kaya vitamin C dan mangan, yang berfungsi membantu pertumbuhan dan menjaga metabolisme tubuh.

2. Mengandung antioksidan

Antioksidan berfungsi sebagai menangkal penyakit. Antioksidan membantu tubuh Anda melawan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah, dan banyak penyakit berbahaya lainnya.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain, yang berfungsi sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya memecah protein daging yang keras.

4. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam nanas dapat mengurangi risiko kanker, karena meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain, yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

6. Meringankan gejala arthritis

Karena nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, dipercaya dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi. Penelitian membuktikan, bahwa pasien dengan osteoartritis yang mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain membantu mengurangi rasa sakit seefektif obat arthritis umum seperti diklofenak.

7. Mempercepat pemulihan usai operasi

Mempercepat pemulihan setelah operasi atau latihan berat. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi. Juga, bromelain dipercaya dapat mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Baca juga: Wajib Dijalani, 5 Tips Aman Tidak Terpapar Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

8. Baik untuk diet

Rasa manis dari nanas cocok ditambahkan ke dalam makanan Anda. Seperti smoothies, salad, atau burger.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip