0
Thumbs Up
Thumbs Down

7 Tips Maksimalkan Konsultasi dengan Dokter saat Telemedicine

okezone
okezone - Mon, 27 Sep 2021 07:43
Viewed: 114
7 Tips Maksimalkan Konsultasi dengan Dokter saat Telemedicine

TELEMEDICINE atau konsultasi medis secara daring menjadi solusi di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, ini bisa meminimalisasi risiko terpapar wabah penyakit akibat kontak fisik. Kemudian juga sangat praktis karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tidak heran jika telemedicine makin diminati banyak orang. Meski begitu, telemedicine tidak bisa menggantikan konsultasi tatap muka dengan dokter. Namun, telemedicine menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mendapat akses terhadap perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Baca juga: Telemedisin Disebut Akan Tetap Jadi Bagian Layanan Dokter Setelah Pandemi Usai

"Terlebih bagi pasien dengan keterbatasan mobilitas karena kondisi kesehatannya, perjuangan pasien dan caregiver untuk ke klinik atau rumah sakit bisa diminimalkan," ungkap dr Roy Panusunan Sibarani SpPD-KEMD FES, dokter spesialis penyakit dalam (endokrin-metabolik-diabetes), dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari KRJogja, Senin (27/9/2021).

Ia menerangkan, umumnya telemedicine dilakukan dengan menggunakan fitur chat dan video call. Sebagai hal yang relatif baru, edukasi mengenai pemanfaatan telemedicine masih dibutuhkan. Oleh karena itu, dr Roy membagikan 7 tips memaksimalkan konsultasi dokter secara daring melalui fitur video call.

Baca juga: Telemedisin Bisa Jadi Alternatif Konsultasi Pasien Kanker Paru

1. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan dan hasil pemeriksaan lab terbaru. Persiapan pertanyaan penting agar bisa memperoleh data yang lengkap atas informasi yang dibutuhkan.

2. Ajukan maksud pertemuan dan keluhan yang ada dengan rinci. Contoh: "Dok, ketika makan tadi pagi saya muntah." Usahakan menjelaskan keluhan pada permasalahan utama dan tidak melebar ke mana-mana.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip