0
Thumbs Up
Thumbs Down

7 Menu Diet yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

LIPUTAN6
LIPUTAN6 - Fri, 05 Mar 2021 06:30
Viewed: 411

Liputan6.com, Jakarta - Menu diet yang baik adalah makanan yang nyata, makanan yang rendah gula dan kalori, tetapi mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral yang seimbang. Tidak hanya baik untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga baik untuk menjalani pola hidup sehat.

Makanan sehat untuk diet tidak begitu sulit apabila diterapkan dengan benar dan dapat dibuat di rumah. Biasanya, makanan untuk diet identik dengan sayuran, namun dapat diolah dengan bahan lain agar tidak bosan.

Lantas, apa saja menu diet olahan sendiri yang baik untuk kesehatan? Simak rangkuman selengkapnya, seperti dilansir dari laman Lifehack, Minggu, 28 Februari 2021, berikut ini.

1. Bircher muesli

Bircher adalah campuran gandum, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang telah direndam dalam air atau susu semalam. Merendam bahan membantu membuatnya lebih mudah dicerna, yang berarti nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh.

Makanan ini tidak hanya makanan diet yang baik, tetapi juga kaya akan karbohidrat kompleks, protein, dan serat yang sehat. Cara membuatnya, yakni satukan bahan seperti gandum, kismis, kayu manis, kacang-kacangan, dan saus apel, tambahkan susu atau air rendah lemak.

Lalu, dalam campuran tersebut masukkan beberapa apel parut. Kemudian, masukkan bahan ke dalam stoples kaca, tutup dan dinginkan selama lima hari.

2. Kaldu tulang

Kaldu tulang mengadung amino penting yang disebut glutamin yang berperan utama dalam memulihkan lapisan usus yang rusak. Makanan ini juga kaya vitamin A, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan lainnya

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian ini hanyalah tulang berkualitas tinggi dari ayam panggang atau daging sapi dan beberapa sayuran. Cara membuatnya siapkan panci dan tuangkan air yang telah disaring.

Lalu, masukkan tulang dan sedikit cuka sari apel untuk membantu melepaskan nutrisi dalam tulang. Tambahkan sayuran seperti wortel, bawang bombay, dan peterseli untuk menambah rasa dan nutrisi. Didihkan kaldu, dan kecilkan hingga matang.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

3. Pancake ketoIlustrasi pancake. (dok Wow_Pho/Pixabay.com)

Makanan ini dapat menggantikan karbohidrat dan lemak dengan protein yang membantu mengurangi tingkat 'hormon kelaparan' yang di alirkan darah. Pancake keto membantu mengurangi rasa lapar dan menghasilkan sedikit kalori yang dimakan sepanjang hari.

Cara membuatnya mungkin sama membuat pancake pada umumnya. Namun, pancake keto bisa dibuat dengan bubuk protein dan susu kacang.

Caranya dengan gabungkan bubuk protein, telur, air atau susu dan baking powder, campurkan semua bahan dan kocok. Setelah dikocok, masak dalam wajan seperti memasak pancake pada umumnya.

4. Pudingchia seed

Sajianini kaya protein dan serat dan hanya memakan dua sendok biji chia yang mengandung 10 gram serat atau sekitar 40 persen dari asupan harian yang rekomendasikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Biji chia juga membantu mengurangi peradangan, yang dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas.

Caranya buatnya cukup mudah dengan campurkan chia seeddan susu rendah lemak, lalu tutup dan dinginkan semalam. Jangan lupa tambahkan buah manis sesuai selera dan sajikan dengan blueberry di atas. Puding chia seed dapat disimpan di lemari es dalam wadah kedap udara hingga seminggu.

5. KimchiIlustrasi Kimchi (Dok.Unsplash/ Portuguese Gravity)

Sajian khas Korea ini memiliki sejumlah besar manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa makan kimchi segar dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan indeks massa tubuh secara keseluruhan.

Kimchi mengandung rendah kalori dan tinggi serat yang memiliki sumber nutrisi yang kuat untuk mirkrobioma pada usus. Cara membuat kimchi dengan proses fermentasi cukup potong kubis besar dan beri garam.

Bilas dan tiriskan kubis cincang, buat bumbu halus, dan kombinasikan dengan sayuran lainnya. Gunakan air garam asin untuk membunuh bakteri berbahaya, sedangkan tahap fermentasi memungkinkan bakteri Lactobacillus (bakteri baik) mengubah gula menjadi asam laktat.

6. Golden milk latte

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa makanan diet yang baik untuk mengurangi lemak perut. Satu studi yang melibatkan orang dewasa yang mengalami obesitas menunjukkan bahwa mengonsumsi dua sendok makan minyak kelapa setiap hari membantu mengurangi lingkar pinggang pada pria dewasa.

Kandungan tersebut terdapat pada golden milk latte yang membantu menyebuhkan usus yang rusak. Menu diet ini kaya akan lemak sehat untuk mendukung energi dan kognisi yang menstabilkan gula darah.

Cara membuat golden milk sendiri sangat sederhana, cukup siapkan panci dan panaskan santan ringan atau susu almond dengan satu sendok. Lalu, taburkan bubuk kunyit dan sejumput lada hitam di dalam panci, setelah itu dinginkan dan diminum.

7. Kefir

Kefir adalah fermentasi secara tradisional dibuat dari susu sapi atau kambing. Butir kefir ditambahkan ke susu yang memberikan manfaat kesehatannya. Penelitian menunjukkan bahwa makanan probiotik seperti susu kefir atau yogurt kefir dapat membantu menyeimbangkan kembali koloni bakteri ramah di usus, yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Cara membuat kefir yaitu siapkan susu segar dalam toples besar dan tutup dengan filter kopi atau kain muslin. Setelah itu amankan dengan karet gelang yang diletakan stoples di area hangat bersuhu sekitar 68--85derajatFahrenheit atau setara 20--29,4 derajat Celcius untuk mengembang.

Tunggu selama 24 jam berikutnya, susu akan menjadi sedikit kental dan berbau harum. Anda dapat memasukkan biji kefir dalam susu baru dan menyimpannya di lemari es. (Muhammad Thoifur)

5 Alasan Diet Tidak Berjalan LancarInfografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:
Source: LIPUTAN6
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip