0
Thumbs Up
Thumbs Down

6 Jenis Air yang Harus Kamu Ketahui, Hati-Hati Sebelum Minum

okezone
okezone - Fri, 22 Mar 2019 00:31
Viewed: 355

Air merupakan faktor penting untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Banyak kegiatan yang membutuhkan air sebut saja minum, mandi, mencuci, menyiram tanaman, dan masih banyak lagi. Selain itu, tubuh manusia terdiri dari 70% air. Dengan begitu dapat dilihat betapa pentingnya air dalam kehidupan.

Para ahli gizi seringkali menekankan kebutuhan tubuh untuk terhidrasi setiap saat. Sebab air melakukan banyak pekerjaan penting dalam fungsi tubuh seperti membuang bakteri keluar dari kandung kemih, membantu pencernaan, membawa nutrisi dan oksigen ke sel, mencegah sembelit, mempertahankan elektrolit (natrium) keseimbangan, serta yang lainnya. Sebelum menggunakan air, manusia harus lebih dulu mengetahui jenis-jenis air.

Air dibedakan berdasarkan asal, konsistensi, komposisi, dan pengolahannya. Melansir NDTV, Jumat (22/3/2019), inilah beberapa jenis air yang bisa dikonsumsi:

1. Air keran

Air keran adalah air yang banyak digunakan untuk pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan, memasak, berkebun, dan mencuci pakaian. Tak jarang ada yang menggunakan air keran untuk minum. Namun tentunya keamanan jenis air tersebut perlu diperiksa terlebih dahulu.

Baca Juga: 12 Aroma Parfum yang Cocok untuk Tiap Zodiak

2. Air mineral

Sesuai dengan namanya, air mineral adalah air yang secara alami mengandung mineral. Air ini berasal dari sumber bawah tanah sehingga kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan mangan. Mineral berperan penting untuk reputasi air yang sehat. Komponen air mineral dapat bervariasi dari merek ke merek, beberapa mungkin memiliki jumlah mineral yang lebih banyak sementara yang lain mungkin lebih sedikit. Kehadiran mineral juga memberi air rasa asin yang khas.

3. Air sumur

Saat hujan, air akan menetes ke bawah tanah dan bergerak melalui celah-celah bagian dalam. Air tersebut berkumpul dalam jumlah yang cukup banyak. Di daerah pedesaan, salah satu sumber air utama adalah air sumur.

Baca Juga: Permen Karet Bekas Kunyahan Alex Ferguson 6 Tahun Lalu Laku Rp7,3 Miliar

4. Air yang dimurnikan

Air yang dimurnikan adalah air yang menjalani perawatan pemurnian di pabrik setelah diambil dari sumbernya. Tindakan memurnikan biasanya menghilangkan semua bakteri, kontaminan, dan padatan terlarut. Air jenis ini cocok digunakan untuk minum dan keperluan lainnya.

5. Air suling

Air suling atau air terferalisasi adalah air yang mengalami perawatan untuk menghilangkan semua mineral dan garamnya dengan proses reverse osmosis dan distilasi. Ini adalah bentuk air yang benar-benar murni tetapi biasanya tidak dianjurkan untuk minum. Sebab jenis air ini dapat membuat manusia kekurangan mineral karena sebagian besar garam dan mineral alami hilang akibat proses perawaran.

6. Sparkling water

Jenis air ini telah mengalami karbonasi yang membuat air bersoda. Air soda dapat berasal dari mata air, air murni, atau bahkan air mineral yang ditambahkan karbon dioksida.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip