0
Thumbs Up
Thumbs Down

6 Bulan Mengeluh Sakit Perut, Usus Bocah Ini Ternyata Dipenuhi Cacing Gelang Raksasa

okezone
okezone - Wed, 12 Jun 2019 18:37
Viewed: 262
6 Bulan Mengeluh Sakit Perut, Usus Bocah Ini Ternyata Dipenuhi Cacing Gelang Raksasa

SEORANG dokter terpaksa melakukan operasi mendadak demi mengangkat cacing gelang raksasa yang hidup di perut bocah berusia 4 tahun.

Sebelum proses operasi dilakukan, bocah asal Kamerun itu mengeluh rasa sakit yang hebat di bagian perutnya. Ia juga mengalami gejala muntah-muntah dan sembelit selama tiga hari berturut-turut. Menurut pengakuan ibunya, sang buah hati telah mengeluh gejala tersebut sejak 6 bulan lalu.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan istilah abdominal distention. Sementara hasil tes dokter menyebutkan bahwa usus kecil bocah tersebut mengalami pembesaran dan terhalang oleh ratusan cacing gelang raksasa yang hidup.

Dokter mengklaim, sang pasien juga mengalami malnutrisi karena seluruh nutrisi dari makanan yang ia konsumsi diserap oleh cacing-cacing di usus kecilnya.

Para ahli bedah secara manual mengangkat Ascaris lumbricoides, atau cacing gelang raksasa dengan "memerah" lubang yang dibuat di ususnya. Operasi pun berjalan lancar tanpa adanya komplikasi, meski pasien harus menjalani rawat inap selama 7 hari.

Beberapa minggu setelahnya, dokter mengatakan bahwa kondisi usus bocah itu sudah mulai membaik dan kembali berfungsi normal seperti sedia kala.

Bercermin dari kasus mengerikan ini, pihak medis menyadari sejumlah fakta menarik yang memicu tumbuhnya cacing gelang di usus bocah tersebut. Berdasarkan hasil penemuan mereka, bocah itu ternyata tidak pernah meminum obat cacing sepanjang hidupnya.

Padahal, bagi mereka yang tinggal di kawasan dengan persentase kasus cacingan yang tinggi, seharusnya meminum mebendazole (obat cacing) sebanyak satu atau dua kali dalam setahun. Fungsinya adalah untuk membunuh parasit yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir Okezone dari Newsweek, Rabu (12/6/2019), ascariasis sendiri merupakan cacing parasit yang paling umun ditemukan di seluruh dunia. Menurut laporan U.S. Center for Disease Control and Prevention, lebih dari 1,2 miliar orang telah terinfeksi parasit tersebut.

Cacing-cacing tersebut kebanyakan menyerang tubuh anak-anak berusia antara 2 dan 10 tahun, dan ditularkan melalui tanah yang terkontaminasi. Biasanya disebabkan oleh iklim yang lembab dan hangat, dengan kondisi kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Telur cacing dilaporkan hidup di usus orang yang terinfeksi, dan disebarkan jika kotorannya masuk ke tanah. Misalnya, ketika seseorang buang air besar di luar, atau kotorannya digunakan untuk menyuburkan tanah.

Individu yang tidak sadar dapat menelan telur itu jika mereka memakan buah dan sayuran yang terinfeksi, atau menyentuh tanah yang terinfeksi dan meletakkan tangan mereka di mulut.

Kebanyakan orang tidak akan mengalami gejala apa pun ketika terinfeksi ascariasis. Tetapi jika merek sudah terinfeksi dalam jangka waktu yang lama, cacing dapat memicu komplikasi parah karena mereka memakan isi usus kecil. Parasit ini juga dapat menyebabkan kekurangan gizi dan usus tersumbat. Beberapa orang mungkin mengalami batuk-batuk ketika cacing gelang raksasa bergerak di dalam ususnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip