0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Manfaat Minum Matcha, dari Melawan Kanker hingga Membuat Kulit Sehat

okezone
okezone - Mon, 01 Aug 2022 20:32
Viewed: 291
5 Manfaat Minum Matcha, dari Melawan Kanker hingga Membuat Kulit Sehat

TEH hijau memang menjadi salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Salah satu produk yang dihasilkan oleh teh hijau adalah matcha. Meskipun sama, tapi matcha dan teh hijau sebenarnya berbeda loh.

Namun bedanya, matcha terbuat dari daun teh hijau kering yang sudah ditumbuk halus sebelum disajikan sebagai teh hangat. Karena semua bagian teh hijau ditumbuk menjadi satu, maka matcha memberikan manfaat yang lebih banyak daripada teh hijau.

Matcha pun memiliki banyak perpaduan, dan yang paling tenar adalah matcha latte. Berbagai kafe dan restoran, pun kerap menyuguhkan minuman ini. Sebagai salah satu jenis dari teh hijau, matcha banyak digandrungi orang seolah menjadi tren. Bukan hanya karena terlihat aesthetic untuk diunggah di Instagram, minuman ini nyatanya memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Matcha memiliki mikronutrien yang berlimpah, terutama yang dikenal sebagai epigallocatechin-3-gallate (EGCG), senyawa tanaman yang dapat memiliki efek kesehatan yang positif.

Oleh karena itu, matcha dapat membantu mendukung fungsi sistem kardiovaskular yang sehat. Mulai dari mencegah penumpukan plak, penebalan jaringan jantung, hingga kondisi lain seperti serangan jantung.

Kaya akan Antioksidan

Matcha, dan teh hijau pada umumnya, kaya akan zat yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk katekin. Zat antioksidan ini nantinya akan berfungsi untuk menghilangkan molekul jahat dari tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

Selain itu, flavonoid juga terkandung di dalam matcha yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, memiliki efek antimikroba, serta mencegah kerusakan gigi.

Efek Melawan Kanker

Berdasarkan penelitian, ternyata banyak komponen bermanfaat dari matcha yang bersifat anti-kanker. Salah satu penelitian di Cancer Causes & Control yang terdiri dari lebih dari 1.400 orang, menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi risiko kanker perut atau lambung.

Bukan hanya itu, katekin dan asam galat yang terkandung dalam matcha juga telah digunakan bersama dengan perawatan kemoterapi dan telah diteliti untuk melihat apakah mereka meningkatkan kemanjuran obat kemoterapi tertentu.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip