0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui

okezone
okezone - Fri, 11 Dec 2020 16:06
Viewed: 124
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui

Belakangan ini kopi menjadi lebih populer. Kedai kopi menjamur di mana-mana membuat penggemarnya semakin banyak.

Kopi mengandung antioksidan tinggi dan nutrisi bermanfaat yang baik untuk tubuh. Studi menunjukkan, peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit serius.

Berikut sejumlah manfaat kopi bagi kesehatan yang dilansir dari Healthline. Simak yuk, apa saja?

1. Meningkatkan energi

Kopi mengandung kafein (zat psikoaktif) yang membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi. Setelah minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah, lalu bergerak ke otak. Di otak kafein memblokir neurotransmitter adenosin penghambat.

Banyak penelitian pada manusia menunjukan, kopi meningkatkan fungsi otak. Termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, energi, reaksi, dan fungsi mental secara umum.

2. Membantu membakar lemak

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Ini merupakan salah satu bukti kalau kopi memiliki zat alami yang membantu membakar lemak. Beberapa peneliti menunjukkan, kafein juga dapat meningkatkan metabolisms sebesar 3-11%

Studi lain menunjukkan bahwa kafein membantu pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes tipe 2 ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan resistensi insulin atau kurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Berdasarkan studi, peminum kopi memiliki resiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini. Salah satu studi juga menunjukkan terjadi penurunan setinggi 67% dalam kasus ini. Menurut penelitian dari 18 studi, sebanyak 457.922 orang minum secangkir kopi tiap hari dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 7%.

4. Melindungi hati

Hati merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Beberapa penyakit serius menyerang hati, seperti hepatitis, penyakit hati berlemak, dan lainnya.

Kondisi ini menyebabkan sirosis, di mana Sebagian fungsi hati digantikan jaringan perut. Menariknya, kopi dapat melindungi hati dari sirosis. Minum 4 cangkir per hari atau lebih, memiliki resiko lebih rendah sebanyak 80%.

Baca juga: Nadine Chandrawinata Pakai Topeng Tolak Bala Bikin Gagal Fokus

5. Melawan depresi

Depresi merupakan gangguan kejiawaan serius yang menyebabkan menurunnya kualitas hidup. Dalam sebuah studi Harvard pada 2011, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki resiko 20% lebih rendah mengalami depresi.

Studi lain pada 208.424 orang menemukan, mereka yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per harinya memiliki 53% lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan bunuh diri.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip