0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Cara Menjaga Kesegaran Mulut saat Puasa Ramadhan

okezone
okezone - Tue, 20 Apr 2021 05:01
Viewed: 53
5 Cara Menjaga Kesegaran Mulut saat Puasa Ramadhan

BULAN suci Ramadhan telah tiba, inilah saatnya menjalankan ibadah puasa. Semua orang tahu perjuangan puasa adalah menahan lapar dan haus, tapi itu bukan satu-satunya kendala selama Ramadhan. Banyak orang mengkhawatirkan kesegaran mulut saat puasa.

Mulut yang tidak segar saat puasa bisa sangat mengganggu bagi sebagian orang. Tapi tenang saja, masalah itu ternyata bisa diatasi dengan cara sederhana.

Dikutip dari laman Okadoc, Selasa (20/4/2021), berikut cara efektif menjaga mulut tetap segar saat puasa.

Baca juga: Dokter Bagikan Tips Cegah Bau Mulut Selama Pakai Masker saat Puasa

1. Minum banyak air

Mulut kering akibat kekurangan konsumsi air selama Ramadhan bisa menyebabkan bau mulut. Minum banyak air ketika sahur dan buka puasa. Bagi mereka yang memakai gigi palsu, pastikan dimasukkan ke dalam obat kumur antiseptik semalaman untuk membantu membersihkannya.

2. Pakai siwak

Siwak adalah ranting pembersih gigi yang terbuat dari pohon siwak. Ini adalah sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang menggunakan siwak sebelum beribadah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa siwak memiliki manfaat yang sangat baik.

3. Gosok gigi

Pastikan menyikat gigi secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari selama 4 menit. Selain itu, obat kumur juga bisa membantu menghilangkan bau mulut.

Baca juga: 8 Cara Sederhana Hilangkan Bau Mulut saat Puasa

4. Kikis lidah

Kikis lidah menggunakan pengikis lidah untuk membersihkannya secara efektif. Biofilm bakteri, lendir, dan kotoran yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dapat dicegah dengan menggaruk lidah setidaknya dua kali sehari.

5. Gunakan benang gigi

Banyak orang tidak membersihkan giginya dengan benang setiap hari, dan itu bisa menjadi bau mulut. Jangan lewatkan membersihkan gigi dengan benang agar mulut tetap segar. Bau mulut disebabkan kebersihan gigi yang buruk. Jaga kesegaran nafas dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari selama 4 menit terutama sebelum tidur.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip