0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker Paru

okezone
okezone - Tue, 21 Sep 2021 15:30
Viewed: 126

VERAWATY Fajrin, Legenda Bulu Tangkis Indonesia terbaring di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta. Verawaty Fajrin mengidap kanker paru dan menjalani perawatan oleh tim dokter spesialis.

Kanker paru seperti yang diidap Verawaty merupakakan masalah serius, siapapun bisa mengalaminya. Menurut data dari International Agency for research on cancer (2020), kasus kanker paru di Indonesia menduduki posisi 3 teratas, dengan total pasien 34.783 kasus baru.

Selain itu, tercatat 30.843 kematian akibat kanker paru. "Sederhananya, dalam setahun, yang tersisa hanya 3-4 orang per 100 pasien," terang Prof Aru Sudoyo, Ahli Penyakit Dalam Konsultan Hematologi dan Onkologi Medik, dalam webinar Hari Kanker Paru Sedunia 2021, beberapa waktu lalu.

Tidak ada cara pasti yang dapat mencegah seseorang mengidap kanker paru, namun mengurangi risiko adalah jalan keluar yang dapat membantu.

Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa langkah berikut ini bisa Anda jalani sebagai rutinitas untuk memastikan tidak ada sel kanker hidup di paru-paru.

- Jangan merokok

Jika Anda tidak pernah merokok, maka pastikan tak punya rasa keinginan untuk mencobanya. Jangan segan juga untuk mulai membicarakan bahaya merokok kepada lingkungan sekitar agar mereka tahu 'pagar' yang Anda bangun untuk tidak melakukan hal tersebut.

- Berhenti merokok


Jika sudah terlanjur menjajalnya, maka berhenti mulai dari sekarang. Tidak ada usaha yang sia-sia dan langkah ke arah yang lebih baik akan selalu memberi dampak yang baik meski Anda sudah merokok bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga : 6 Faktor Risiko Kanker Paru, Penyakit yang Diidap Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin

- Jauhi asap rokok

Anda benar-benar harus menjauhi rokok, apapun jenisnya termasuk asap rokok. Ya, asap rokok terbukti menjadi salah satu sumber terbentuknya sel kanker. Jadi, usahakan Anda benar-benar tidak terpapar asap rokok, ya.

- Konsumsi makanan dan minuman bergizi serta seimbang

Perbanyak makan buah mulai dari sekarang, sayur jangan lupa. Makanan kaya akan sumber vitamin dan nutrisi akan memastikan tubuh Anda bugar dan sehat.

Baca Juga : Waspadai 8 Gejala Kanker Paru, Penyakit yang Diidap Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin

- Berolahraga

Tubuh yang bergerak aktif adalah kunci sehat juga, jadi jangan biarkan rasa malas membuat Anda terperangkap dalam masalah yang Anda ciptakan sendiri. Jika terasa berat untuk memulai, maka lakukan olahraga yang ringan. Setidaknya Anda sudah membuka pintu ke arah yang lebih baik.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip