0
Thumbs Up
Thumbs Down

4 Gerakan Ini Bisa Percepat Pemulihan dari Covid-19 saat Isolasi Mandiri

okezone
okezone - Tue, 29 Jun 2021 04:04
Viewed: 114

KETIKA isolasi mandiri ternyata ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan dari covid-19. Jadi, tidak hanya mengandalkan obat-obatan atau vitamin, tapi juga gerakan terapi dari diri sendiri.

Gerakan terapi ini sebagaimana dibagikan pihak Poliklinik Rehab Medik Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya melalui sebuah video. Kemudian dibagikan ulang oleh akun Twitter @kurawa.

Nah, seperti apa terapi tambahan untuk pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah supaya lekas sembuh? Simak penjelasannya.

Baca juga: Ketentuan Isolasi Mandiri bagi OTG dan Pasien Covid-19 Gejala Ringan

1. Posisi Pasien yang Dianjurkan

Dijelaskan ada posisi yang dianjurkan bagi pasien covid-19 yaitu tidur tengkurap, duduk 45 hingga 75 derajat, duduk di samping tempat tidur, dan berjalan. Posisi ini bertujuan meningkatkan kinerja paru.

"Hindari berbaring terlalu lama di tempat tidur. Lakukan mobilisasi sebanyak mungkin," tulis informasi tambahan yang tertera di video tersebut.

Baca juga: Deretan Paket Isolasi Mandiri yang Ditawarkan Rumah Sakit, Ada yang Sampai Rp17 Juta

2. Latihan Pernapasan

Kemudian yang menjadi poin cukup penting adalah latihan pernapasan. Ya, pasien covid-19 rerata mengalami kesulitan dalam bernapas, itulah kenapa latihan ini amat sangat perlu dicatat.

Ada dua teknik latihan pernapasan yang dianjurkan untuk pasien covid-19. Pertama, Deep Slow Abdominal Breathing; dan kedua, Chest Expansion Exercise. Berikut penjelasan lebih detailnya.

- Deep Slow Abdominal Breathing: Tarik napas dari hidung dan keluarkan pelan-pelan lewat mulut.

- Chest Expansion Exercise: Kembangkan dada dan perut semaksimal mungkin.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip