0
Thumbs Up
Thumbs Down

3 Museum Pusaka di Indonesia, Simpan Banyak Benda Keramat

okezone
okezone - Thu, 14 Nov 2019 20:00
Viewed: 79
3 Museum Pusaka di Indonesia, Simpan Banyak Benda Keramat

Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya terhadap kekuatan benda keramat. Biasanya masyarakat menganggap benda pusaka sebagai sesuatu yang sakti atau keramat. Benda pusaka umumnya warisan turun-temurun dari nenek moyang atau leluhur. Oleh karenanya, benda pusaka juga dianggap peninggalan yang harus dilestarikan.

Memang ada benda-benda pusaka yang disimpan secara khusus. Terlebih jika benda keramat tersebut merupakan peninggalan kerajaan. Di Indonesia, setidaknya ada 3 museum pusaka yang menyimpan benda-benda peninggalan tersebut. Merangkum berbagai sumber, Kamis (14/11/2019), inilah museum pusaka tersebut :

1. Museum Pusaka TMII


(Foto : tamanmini.com)

Pada awalnya, museum pusaka berisi koleksi pribadi Mas Agung yang kemudian dihibahkan oleh Dra. Hj. Sri Lestari Mas Agung kepada Hj. Siti Hartinah Soeharto. Kemudian koleksi museum ini ditambah dengan benda-benda yang dibeli. Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki koleksi senjata tradisional yang mewakili 26 provinsi, benda-benda budaya, pusaka dari zaman ke zaman, pusaka hasil temuan, dan ragam hias bilahpusaka. Ada juga koleksi keris Nagasasra Sabuk Inten zaman Mataram, kujang zaman Padjajaran, keris Singa Barong tinatah mas, karih dari Sumatera, belati zaman Kerajaan Mataram, kudi zaman kerajaan Tuban, pedang zaman HB IX, serta keris Naga Tapa dari Yogyakarta.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip