0
Thumbs Up
Thumbs Down

3 Motif Batik Madura yang Unik dan Indah, Intip Yuk!

okezone
okezone - Mon, 15 Mar 2021 15:58
Viewed: 118

Motif batik madura terkenal indah dan unik. Makanya tak heran banyak orang menyukainya.Banyak yang memakai batik ini untuk kondangan dan pesta.

Meski memang motif batik madura tak seterkenal batik pekalongan, namun perlu juga dipelajari. Belakangan ini batik madura juga makin dikenal orang karena keindahannya.

Berikut ini merupakan beberapa motif batik Madura yang bisa Anda ketahui dikutip dari Instagram @produsen_batikmadura. Simak yuk!

1. Motif Lancor

Batik dengan motif lancor ini biasa juga disebut dengan batik Pamekasan. Nama lancor merujuk pada Menara yang berada di alun-alun Pamekasan. Batik motif ini merupakan batik yang dibuat pada kain kondang atau premis.

Keunikan batik tulis Pamekasan terletak pada warnanya yang tajam dengan motif bunga atau daun. Dalam pewarnaannya, batik ini menggunakan pewarna yaitu naptol untuk warna biru, dan merah. Pewarna remasol untuk warna kuning, merah mawar, merah muda, biru langit, dll.

2. Motif serat kayu

Batik Madura dengan motif serat kayu merupakan batik kualitas sedang yang dibuat di Kecamatan Proppo bagian Selatan. Batik ini menggunakan bahan pewarna premis dan soul.

Batik motif serat kayu menonjolkan motif berupa garis-garis yang bengkok sehingga menyerupai serat yang muncul pada permukaan kayu. Motif ini sangat unik dan berbeda dari motif lainnya, karena motifnya seperti retakan yang halus mirip dengan tekstur kayu.

3. Motif pancawarna atau poncowarno

Batik motif ini memiliki ciri khas penggunaan kombinasi warna dalam gradasi yang unik dan bersinar dengan motif yang sederhana. Keindahan warnanya membuat batik dengan motif ini menjadikan salah satu keistimewaan batik khas Madura.

Corak dasar motif batik ini, abstrak yang menyatu sempurna dengan motif bunga. Kalau kamu sedang membutuhkan kain warna-warni yang indah, kamu bisa memilih motif batik ini sebagai andalanmu.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip