0
Thumbs Up
Thumbs Down

2 Orang Meninggal Akibat Hirup Spray Aroma Terapi, Kok Bisa?

okezone
okezone - Mon, 25 Oct 2021 13:10
Viewed: 101
2 Orang Meninggal Akibat Hirup Spray Aroma Terapi, Kok Bisa?

RUPANYA spray aromaterapi yang difungsikan sebagai pengharum ruangan menelan korban. Dua orang, salah satunya anak-anak, dinyatakan meninggal dunia akibat menghirup aroma aromaterapi tersebut.

Peristiwa memilukan ini dikaitkan dengan 'keracunan' bakteri Burkholderia pseudomallei, penyebab melioidosis.

Secara resmi, laporan yang diterbitkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan ada empat kasus terkait melioidosis tersebut. Semuanya dikaitkan dengan produk spray yang dijual di Walmart, salah satu mini market terkenal di AS.

Keempat kasus itu terjadi selama periode lima bulan, dari Maret hingga akhir Juli. "Dua orang yang terinfeksi meninggal dunia, termasuk seorang anak," terang laporan CDC dikutip dari Stat News, Senin (25/10/2021). Kasus-kasus tersebut terjadi di Kansas, Minnesota, Texas, dan Georgia.

Botol spray aromaterapi yang diambil dari rumah salah satu korban dinyatakan positif terkontaminasi Burkholderia pseudomallei, bakteri penyebab melioidosis. Ini umumnya ditemukan di tanah dan air di beberapa bagian Asia Selatan dan Tenggara, dan Australia utara, tetapi tidak di benua Amerika Serikat, di mana itu diklasifikasikan sebagai patogen berbahaya yang dapat mengancam kesehatan masyarakat.

"Strain yang ditemukan dalam semprotan aromaterapi, diproduksi di India, cocok dengan strain dari Asia Selatan," ungkap laporan CDC yang dipublikasi pada Jumat lalu (22/10).

"Kami menguji ratusan spesimen yang dikumpulkan dari rumah tangga beberapa pasien, benar-benar seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Dan kami tidak tahu apakah kami dapat menemukannya di awal penyelidikan," kata Jennifer McQuiston, wakil direktur Divisi Patogen dan Patologi Konsekuensi Tinggi CDC.

Ketika sampel pertama yang diambil dari rumah pasien di Georgia gagal menemukan sumber potensial, penyelidik kesehatan masyarakat kembali menemukan produk lain di rumah pasien untuk diuji.

"Saya tidak tahu bahwa kami langsung berpikir bahwa penyegar udara akan menjadi sumber yang mungkin menyebabkan mala petaka ini. Saya pikir kami memiliki jaring yang sangat lebar yang perlu kami lempar," kata McQuiston.

Source: okezone
Trending News
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip